Peristiwa - Daerah
Juri Lomba OP Irigasi Partisipatif P3A Sebut Bondowoso Layak Go Internasional
13-06-2017 - 22:35 | Views: 10.63k
Salah satu tim juri lomba OP Irigasi Partisipatif Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Nico Darismanto, menyebut HIPPA Sido Makmur, (Foto: Sofya/TIMES Indonesia)
Salah satu tim juri lomba OP Irigasi Partisipatif Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Nico Darismanto, menyebut HIPPA Sido Makmur, (Foto: Sofya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Salah satu tim juri lomba OP Irigasi Partisipatif Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Nico Darismanto, menyebut HIPPA Sido Makmur, Bondowoso layak juara dan ikut dalam lomba irigasi tingkat internasional. 

Hal itu disampaikan Nico usai melakukan kunjungan lapangan dan melakukan verifikasi administrasi serta melakukan wawancara dengan pengurus Hippa sidomakmur,  Selasa  (13/6/2017). 

Kepada TIMES Indonesia, Nico menjelaskan bahwa ada empat aspek yang akan dinilai dalam penilaian lapangnya ke Bondowoso, diantaranya adalah aspek kelembagaaan, aspek keirigasian, aspek pembiayaan dan aspek pertanian.

hipaaminatusMZbN.jpg

Dari keempat aspek tersebut, Nico mengatakan bahwa HIPPA Sido Makmur sangat layak menjadi juara dan ikut dalam lomba irigasi internasional.

"Saya optimis meskipun belum melakukan penilaian di Jogjakarta, HIPPA Sido Makmur di Bondowoso akan menjadi juara," katanya. 

Dari penilaian lapang yang dilakukan Nico, Bondowoso sangat unggul dalam segala hal, mulai dari saluran irigasi yang telah dibangun sedemikian rupa, bendungan dan bangunan utama yang dibangun dengan kualitas yang cukup baik.

Selain itu, tim juri juga menemukan kekompakan yang dijalin antara Pemerintah mulai dari tingkat desa, kecamatan hingga pusat dalam pembangunan saluran irigasi.

hipa18bVNr.jpg

"Kalau saya lihat tadi, kualitas bangunan dan saluran irigasi juga cukup baik,  bahkan jalan diaspal dengan baik. Itulah yang membuat saya optimistis Bondowoso bisa menjadi yang terbaik," ujarnya. 

Nico yang juga merupakan juri Dirjen SDA di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengaku takjub atas saluran irigasi di HIPPA Sido Makmur.

Dari pengalamannya memaparkan saluran irigasi milik salah satu HIPPA di Cianjur, Jawa Barat di forum irigasi internasional dan saat ini sudah dikunjungi lebih 22 negara, HIPPA Sido Makmur jauh lebih baik dari segala aspek yang ada.

"Salah satu HIPPA yang ada di Cianjur yang profilnya saya paparkan di Albania, China dan Jepang mendapat sambutan yang sangat bagus. Padahal kalau dilihat jauh lebih bagus yang ada di Bondowoso ini," terangnya.

Tidak ingin melewatkan potensi yang dimiliki Bondowoso, Nico pun berencana mengirim profil Irigasi Sido Makmur kepada International Network of Partisipatory Irigation.(*)

Pewarta
: Aminatus Sofya
Editor
: Yatimul Ainun
Publisher
: Ahmad Sukma