Peristiwa - Daerah
Disperta Banyuwangi Pastikan Stok Daging Aman hingga Akhir Ramadhan
19-06-2017 - 17:31 | Views: 3.23k
Kadisperta Banyuwangi Arief Setiawan saat sidak daging sapi di Pasar Banyuwangi  (Foto: Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)
Kadisperta Banyuwangi Arief Setiawan saat sidak daging sapi di Pasar Banyuwangi (Foto: Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dinas Pertanian Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur memastikan stok daging menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H di kawasan berjuluk The Sunrise of Java itu aman. Meskipun ada peningkatan jumlah konsumsi masyarakat, tapi jumlah stoknya masih mencukupi.

Kepala Dinas Pertanian (Kadisperta) Banyuwangi Arief Setiawan mengatakan daging ayam broiler produksi hariannya sebanyak 11.883 kilogram per hari, di hari biasa tingkat konsumsi masyarakat sebesar 10.706 kilogram per hari, selama Ramadhan ini jumlahnya meningkat menjadi 11.776 kilogram per hari.

“Ada peningkatan jumlah konsumsi masyarakat terhadap daging ayam maupun sapi, tapi jumlahnya tidak terlalu signifikan dan masih tercukupi dari produksi harian di dalam daerah.” Kata Arief.

Sedangkan untuk daging sapi produksinya 6364 kg/hr, tingkat konsumsi masyarakat pada hari biasa sebanyak 4273 kg/hr, dibulan ramadhan ada kenaikan konsumsi menjadi 4700 kg/hari.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Bambang Sugiyanto mengatakan, setiap waktu Dinas Pertanian melakukan sidak daging sapi maupun ayam di pasar Blambangan. Dinas Pertanian menjamin daging yang terdistribusi ke masyarakat sudah Aman, Sehat, Utuh dan Halal (Asuh).

"Kegiatan ini kita sudah sosialisasikan dengan baik di seluruh Banyuwangi. Dan sidak ini kita sebar ke beberapa penjuru Banyuwangi," ujarnya.

Pengawasan ini akan terus dilakukan oleh Dinas Pertanian Banyuwangi hingga Lebaran 2017. Ini dilakukan untuk keamanan masyarakat yang akan mengkonsumsi daging saat Lebaran tahun ini. (*)

Pewarta
: Ahmad Su'udi
Editor
: Yatimul Ainun
Publisher
: Ahmad Sukma