Peristiwa - Daerah
Galang Dana Umat, Lazisnu Tebar Kaleng One Day One Thousand
19-06-2017 - 19:37 | Views: 10.97k
ILUTRASI: Lazisnu (Foto: istimewa)
ILUTRASI: Lazisnu (Foto: istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Lembaga Amil Zakat, Infak dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama (Lazisnu) membuat program pengumpulan infak “One Day One Thousand” atau 'satu hari seribu rupiah'. Untuk Jawa Timur, LAZISNU menargetkan 100.000 kaleng sedekah.

Ketua Lazisnu H. Noor Shodiq Askandar, mengatakan pengumpulan dana dengan metode kaleng sedekah adalah sarana untuk mempermudah umat menyisihkan anggaran untuk sedekah. Dengan memasukkan di kaleng, uang akan sulit untuk diambil kembali.

"Model ini mengadopsi program jimpitan yang dahulu kala ada pada ibu-ibu rumah tangga untuk dana sosial. Pada tahap awal, PW Lazisnu Jatim tahun ini, menargetkan 100.000 kaleng yg didistribusikan di seluruh Jatim, dan berharap akan terus bertambah," ucapnya, Senin (19/6/2017).                                  

H. Noor Shodiq Askandar, menambahkan, Rp 1000 bukanlah nilai yang banyak, akan tetapi jika dikumpulkan lama-lama juga akan berakumulasi menjadi jumlah yang sangat besar.

"Apalagi jika ini dilakukan secara bersama sama, akumulasinya bisa menjadi tiada terkira. Asumsikan bahwa umat muslim di Jawa Timur mencapai 30 juta jiwa, dan kemudian ambil sepuluh persennya saja yg mau bersama sama dalam gerakan ini, maka akan terkumpul sebanyak Rp 3 miliar per hari," ucapnya.

Lebih lnjut, Gus Shodiq menambahkan, jika dalam satu bulan diasumsikan keaktifan menyumbang 50 persen saja, maka berarti terkumpul Rp45 miliar dalam satu bulan. Jumlah ini pastinya sangat bermanfaat bagi mereka yang papa, yang fakir dan miskin, yang lagi dapat ujian, dan lain sebagainya.

Nantinya, dana yang terkumpul akan didistribusikan untuk 4 program utama, yakni Jatim Pintar untuk Program Pendidikan, Jatim Sehat untuk Program Kesehatan, Jatim Mandiri untuk Program Ekonomi, dan Jatim Peduli untuk Program Tanggap Bencana dan Sosial.

"Kami dari PW Lazisnu Jatim berharap partisipasi dari panjenengan semua. Tanpa panjenengan, kami tidak akan berarti apa-apa dan bukan siapa-siapa. Partisipasi panjenengan semua adalah energi bagi kami untuk selalu memberikan yg terbaik bagi umat," ucapnya.

Gus Shodiq menjelaskan, kaleng infaq ini akan didistribusikan ke warga melalui Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MCW) Kota/Kabupaten serta dibantu tim NU Care LAZISNU. Nantinya, tim dari NU Care LAZISNU akan mencatat data warga dan mengambil uang yang terkumpul secara rutin setiap bulan.

Diharapkan setiap warga yang telah menyetujui untuk menjadi donatur dengan mengambil salah satu kaleng, akan mengisi dana infak setiap hari. Kaleng tersebut akan diambil oleh petugas NU Care LAZISNU sebulan sekali.

Sebagai informasi, bagi yang ingin bersedekah bisa transfer ke Rek PW Lazisnu Jatim di Bank Jatim Syariah shodaqoh 6142999990; Bank Mega Syariah nomor rek 1000145000 atas nama Yayasan Lazis NU Jatim; Bank Mandiri Syariah 7199899998 atas nama PW Lazisnu Jatim; BRI Syariah 101099999 atas nama PW Lazisnu Jatim. (*)

Pewarta
: Wahyu
Editor
: Yatimul Ainun
Publisher
: Ahmad Sukma