TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa

Hebatnya Si Tangan Robot Asal Bali

18/01/2016 - 17:54 | Views: 159.07k
Si tangan robot dari Bali, I Wayan Sumardana alias Tawan. (foto: balipost.com)

TIMESINDONESIA, BALI – I Wayan Sumardana, pria berlengan robot ini patut diteladani. Ditengah kekurangan fisiknya, ia tetap semangat bekerja mencukupi kebutuhan keluarganya dengan mengelas dan mengumpulkan barang bekas. Pria yang kerap disapa Tawan ini menderita lumpuh pada bagian tangan kirinya.

Tak putus asa pada keterbatasan fisiknya, Tawan menggunakan robot tangan untuk membantunya bekerja sehari-hari. Dan yang paling menakjubkan, robot tangan ini dirancang olehnya sendiri. Bermodal dari barang bekas yang ia kumpulkan seperti komputer, dinamo dan bagian-bagian dari sepeda motor, Tawan bisa memenuhi kebutuhan hidup istri dan ketiga anaknya.

Di bengkel miliknya di Desa Nyuhtebel, Karangasem, Bali, pada Minggu (17/1/2016), terlihat pria lulusan Sekolah Teknologi Menengah (STM) ini mengelas dan memperbaiki barang-barang elektronik hingga sepeda motor. Karena aktivitasnya dibantu tangan robot, Tawan dijuluki Manusia Robot oleh warga sekitar.

Tawan menyelesaikan tangan robotnya dalam waktu dua bulan dan masih ingin menyempurnakannya agar lebih mudah menggerakan jari tangan kirinya. Robot tangan milik Tawan dilengkapi dengan chip yang dipasang di kepalanya untuk menggerakan tangan robotnya. Robot tangan buatannya digerakan dengan sinyal dari kepalanya yang dihubungkan dengan kabel dan rangkaian elektronik. (*)

Jurnalis: Deasy Mayasari
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina
Sumber :
Copyright © 2016 TIMES Indonesia
Loading...
Top

search Search