Ketahanan Informasi
Ramadhan
Tingkatkan Spiritualitas Unisma Gelar Khotmil Quran di Makam Wali
16-06-2017 - 16:34 | Views: 9.74k
Rombongan Civitas Akademika Unisma saat ziarah ke makam Syaichona Kholil Bangkalan Madura. (Foto: AJP/TIMES Indonesia)
Rombongan Civitas Akademika Unisma saat ziarah ke makam Syaichona Kholil Bangkalan Madura. (Foto: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menyambut malam ke 21 bulan Ramadhan 1438 H. Rombongan Unisma pada Kamis, 15 Juni 2017 bertolak ke Bangkalan dan Surabaya.

Rombongan Civitas Akademika Unisma langsung menuju  ke makam Syaichona Kholil Bangkalan Madura.

Kegiatan tersebut untuk mendoakan para Ulama besar yang telah mengembangkan ajaran agama Islam di Nusantara. Juga sekaligus berdoa untuk kemajuan Unisma dalam berkah Ramadhan.

Sisi lain tujuan berikutnya adalah menyongsong jelang turunnya Lailatul Qodar pada sepuluh malam terakhir dibulan Ramadhan.

Rombongan Unisma kemudian menggelar khotmil quran di makam Syaichona Kholil dan melakukan doa bersama.

Selesai berdoa rombongan menuju ke Makam Sunan Ampel Surabaya. Kegiatan yang dilakukan sama seperti yang dilakukan di makam Syaichona Kholil Bangkalan.

Ziarah-2rNlup.jpg

Dalam rombongan Unisma turut serta Rektor Unisma Prof. Dr. H. Maskuri M.Si, Wakil Rektor 1, Prof. Drs. H. Junaidi Mistar. M.Pd, Wakil Rektor 2, H. Noor Shodik Askandar, SE., MM. kemudian Wakil Rektor 3, Dr. Ir. H. Badat Muwakhid M. P.

Rombongan juga diikuti ole beberapa pimpinan Fakultas, Kepala Biro, Kepala Bagian serta Kepala Unit di lingkungan Unisma. Turut hadir para Kyai yaitu Kyai H. Sholihin Mahfud dan KH. Burhanul Arifin. Rombongan juga diikuti oleh sebagian dosen dan karyawan Unisma.

Pada kesempatan ini Rektor Unisma mengatakan bahwa Lailatul Qodar itu terjadi pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, “Carilah lailatul qodar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari)", ungkapnya.

Lebih lanjut Prof. Maskuri  menyampaikan salah satu agenda doa bersama di makam Syaikoha Kholil Bangkalan dan makam mbah Sunan Nganpel Surabaya dalam rangka menyambut lailatul qodar.

“Dalam rangka merebut Lailatul Qodar, para pimpinan dari yayasan, rektorat, dekan-dekan Universitas Islam Malang melakukan  shalat taraweh, kemudian ziarah dan khataman Al-Qur’an di makam Syaikhona Kholil Bangkalan dan kemudian dilanjutkan ke mbah Sunan Ampel Surabaya,” ungkap Prof. Maskuri

Ziarah-3gkLEU.jpg

Diapun menyampaikan harapan dan doa semoga yang diupayakan serta dikerjakan pihaknya senantiasa mendapat ridho dari Allah Subhanahu Wa Taala.

“Semoga senantiasa mendapat ridho dan rahmad dari Allah SWT dalam berkah Romadhan," pungkas Prof. Maskuri.

Menurut Moh. Amin SE., MM. Tim penyelenggara ziarah ke makam Syaikhona Kholil dan mbah ngampel menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh civitas akademika Unisma pada setiap bulan puasa.

“Ziarah ke makam mbah Kholil Bangkalan dan mbah ngampel merupakan agenda tahunan dari Civitas Unisma," ungkapnya.

Adapun jumlah anggota rombongan dari Unisma sebanyak 38 orang. Rombongan tiba kembali ke kampus Unisma menjelang waktu subuh. (*)

Pewarta
: M. Khoirul ABS
Editor
: AJP-5 Editor Team
Publisher
: Rizal Dani