Peristiwa - Daerah
Bupati Anas Apresiasi Kinerja UPBU Kemenhub Pengelola Bandara Blimbingsari
19-06-2017 - 16:04 | Views: 6.89k
Sebuah pesawat parkir di apron Bandara Blimbingsari Banyuwangi  (Foto: Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)
Sebuah pesawat parkir di apron Bandara Blimbingsari Banyuwangi (Foto: Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, mengapresiasi kinerja Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kementerian Perhubungan yang mengelola Bandara Blimbingsari, Banyuwangi, Jawa Timur.

Berkat kinerja UPBU dan sinergi dengan pemerintah daerah, Bandara Blimbingsari Banyuwangi tumbuh menjadi bandara yang semakin baik dan ikut menjadi penggerak bagi ekonomi daerah.

”Sejauh ini Bandara Banyuwangi telah mengalami perkembangan signifikan. Jumlah penumpang pun terus naik ribuan persen. Teman-teman UPBU Kemenhub bekerja keras mewujudkan pelayanan yang baik," ujar Anas, Senin (19/6/2017).

Bahkan, Bandara Blimbingsari Banyuwangi menjadi bandara dengan tingkat keselamatan dan keamanan terbaik di antara bandara seluruh Indonesia yang berada di bawah pengelolaan Kemenhub.

Saat ini, UPBU Bandara Banyuwangi direncanakan naik ke kelas II sehingga dari sisi manajemen maupun infrastruktur dipastikan akan semakin baik.

”Jadi, meski bandara ini dikembangkan dengan penuh inovasi seperti model terminal yang tidak biasa, tetap memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan. Berbagai fasilitas keselamatan dan keamanan secara berkelanjutan telah diaplikasikan," ujarnya.

Bandara Banyuwangi sendiri mulai beroperasi 2010. Sejak 2014, pemerintah daerah mengembangkan terminal baru berkonsep hijau pertama di Indonesia dengan dana APBD Banyuwangi dan Pemprov Jatim.

Rute ke Banyuwangi dilayani empat kali sehari, yaitu tiga dari Surabaya oleh Garuda Indonesia dan Wings Air. Ada pula rute Jakarta-Banyuwangi oleh Nam Air. Jumlah penumpang terus melonjak. Pada 2011, jumlah penumpang baru 7.826 orang per tahun, lalu melonjak hingga 1.339 persen menjadi 112.661 orang pada 2016. (*)

Pewarta
: Ahmad Su'udi
Editor
: Wahyu Nurdiyanto
Publisher
: Rochmat Shobirin