Peristiwa - Daerah
Tiang Reklame Rokok di Banyuwangi Dinilai Hambat Pembangunan Masjid
19-06-2017 - 17:14 | Views: 6.65k
Pembangunan Masjid Al-Huda, Dusun Sumberayu, Desa Sumberberas, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, terhambat tiang reklame raksasa. (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)
Pembangunan Masjid Al-Huda, Dusun Sumberayu, Desa Sumberberas, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, terhambat tiang reklame raksasa. (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Proses pembangunan Masjid Al-Huda, Dusun Sumberayu, Desa Sumberberas, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur, tertunda. Penyebabnya, ada tiang reklame raksasa merk rokok tak kunjung dibongkar.

Padahal, proses pengecoran jembatan dan tempat parkir masjid ditargetkan rampung sebelum hari raya Idul Fitri, yang diperkirakan jatuh pada hari Minggu (25/6/2017).

Kepada TIMES Indonesia, Sekretaris Takmir Masjid Al-Huda, Irfan menjelaskan, papan reklame telah dibongkar pada awal bulan puasa lalu. Tapi anehnya, tiang besi tidak sekaligus dibongkar.

“Saat itu ngomongnya langsung dibongkar dan akan dipindah ke Pesanggaran. Tapi sampai sekarang tidak dibongkar. Padahal pengecoran harus rampung sebelum shalat Ied,” tegas Irfan, via telepon, Senin (19/6/2017).

Irfan menambahkan, pihak takmir dan warga juga telah melayangkan surat keberatan atas keberadaan reklame tersebut dan agar segera dilakukan eksekusi pembongkaran ke kantor Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kabupaten Banyuwangi.

“Kala itu kebetulan ada orang dari PT Colorindo Adhi Perkasa Surabaya datang mengurus IMB reklame dan meminta persetujuan lingkungan. Warga menolak dan minta agar reklame dibongkar karena dekat dengan masjid,” tegasnya.

Dikonfirmasi terpisah via telepon, Kepala Bidang Pelayanan Penanaman Modal BPPT Banyuwangi, Tri Setya Supriyanto berjanji akan menegur pihak pemilik untuk segera membongkar tiang reklame.

“Keluhan warga akan segera kita tindak lanjuti agar segera dibongkar,” katanya.

Akibat perilaku nakal pengusaha reklame ini, sholat Idul Fitri berjamaah di Masjid Al-Huda, Dusun Sumberayu, Desa Sumberberas, Kecamatan Muncar, dipastikan terganggu. Karena pengecoran jembatan dan tempat parkir hingga kini belum bisa dilakukan lantaran terhambat tiang reklame raksasa. (*)

Pewarta
: Syamsul Arifin
Editor
: Yatimul Ainun
Publisher
: Rizal Dani