Peristiwa - Daerah
Pemilu 2019
DKPP: 2019 Harus Menjadi Pemilu yang Bermartabat
12-10-2017 - 19:51 | Views: 4.33k
DKPP RI Teguh Prasetyo saat mengisi kuliah umun di Aula Fisip (Foto: Angga/ TIMES Indonesia)
DKPP RI Teguh Prasetyo saat mengisi kuliah umun di Aula Fisip (Foto: Angga/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) Republik Indonesia Teguh Prasetyo berharap pemilu 2019 menjadi pemilu yang bermartabat sesuai dengan nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Hal tersebut disampaikan usai mengisi kuliah umum di Aula Fisip Universitas Jember, Kamis, (12/10/2017).

Teguh Prasetyo mengatakan, pemilu merupakan sebuah ajang demokrasi yang harus sesuai dengan nilai-nilai dalam Pancasila sehingga menjadikan pemilu atau demokrasi yang bermartabat. 

"Demokrasi merupakan bagian dari proses pemilu yang merujuk pada nilai dari, oleh, dan untuk rakyat sehingga konten demokrasi jangan sampai dimaknai sebagai orientasi kemenangan saja, tetapi harus berorientasi kepada kemasyarakatan," ujarnya.

Bila pemilu dimaknai hanya pencapaian kemenangan saja menurut Teguh, akan banyak sekali penyalahgunaan kewenangan serta money politic terjadi dalam pelaksanaan pemilu nantinya.

"Jika terus seperti ini yang terjadi maka akan banyak sekali penyelewengan kekuasaan, transaksi politik dan sebagainya. Maka dari itu harus tetap pada orientasi sosial welfare untuk meminimalisir untuk tindak koruptif," imbuhnya.

Teguh berharap, masyarakat lebih memahami apa itu demokrasi dan Pancasila sehingga dalam memilih sesuai dengan hati nurani dan ikut menciptakan suasana pemilu yang bermartabat.(*)

Pewarta
: Angga Juli Setiawan
Editor
: Wahyu Nurdiyanto
Publisher
: Sholihin Nur
Sumber
: TIMES Jember
Follow Us!
Member Of
Baca TIMES Indonesia Yuk