TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi
Ketahanan Informasi Kamtibmas

Kodim 0825 Banyuwangi Bekali Kemampuan Danramil dan Babinsa

13/12/2017 - 00:45 | Views: 2.15k
Suasana foto bersama Pasi Wanwil Korem 083/Bdj, Mayor Inf Hendro Santiko dan Kasdim 0825 Banyuwangi, Mayor Arh M. Ridwan beserta seluruh Danramil dan Babinsa (FOTO: Kodim 0825 Banyuwangi for TIMES indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Mempersiapkan prajurit agar siap menghadapi tantangan hingga permasalahan yang ada di wilayah Banyuwangi, Kodim 0825 Banyuwangi menyelenggarakan Pembinaan Teritorial (Binter) terhadap jajaran Danramil, Babinsa sampai Koramil 21 dan pos Ramil 22,23, dan 24.

Hal itu dilakukan untuk mewujudkan kemampuan aparat kowil supaya mampu mengeliminir permasalahan yang terjadi. Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Aula PB Sudirman Kodim 0825 yang diikuti oleh 100 peserta itu, juga dibekali dengan materi tentang Komando Tanggap Darurat.

Materi ini berkaitan dengan strategi penanganan bencana serta Upaya Khusus (Upsus) dalam membantu daerah yang fokus untuk menciptakan swasembada 3 komoditas. Diantaranya, padi, jagung dan kedelai atau yang lebih dikenal Pajale.

“Melalui kegiatan ini Danramil dan Babinsa kita tingkatkan kemampuan aparat kowil dalam rangka menghadapi permasalahan di wilayah binaan melalui pelaksanaan Binter untuk mendukung tugas pokok TNI AD kedepan. Seperti strategi dalam penanganan bencana dan juga mendukung upaya Pemerintah Daerah dalam mewujudkan swasembada melalui Upsus Pajale,” kata Kasdim 0825/Banyuwangi Mayor Arh M Ridwan, Selasa (12//12/2017).

Sebelumnya, dalam kesempatan itu Pasi Wanwil Korem 083/Bdj, Mayor Inf Hendro Santiko menyampaikan, TNI AD harus memiliki sikap teritorial dan menguasai 5 kemampuan dalam teritorial masing-masing. Hal ini dilakukan sebagai upaya penanganan terorisme dan menjaga netralitas TNI dalam menghadapi dan memberikan pengamanan sebelum dan sesudah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mendatang.

“Sikap teritorial ini sangat penting dalam rangka mewujudkan pertahanan negara dari gangguan terorisme. Selain itu netralitas TNI dalam Pilkada mendatang sangat penting karena hal ini dalam rangka untuk mempertahankan nilai-nilai kebersamaan di dalam perbedaan menuju masyarakat yang adil dan makmur dalam satu kesatuan NKRI,” ujar Hendro Santiko.

Sementara itu, turut hadir sebagai narasumber kegiatan diantaranya, Kabid Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Banyuwangi, Drs Eka Muharam Suryadi, Drs H Sunarto MPd selaku Kabid Kesra Bappeda. Dua pemateri lainnya, AKP Imron dari Polres Banyuwangi dan Ir Ilham Djuanda selaku Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian setempat.

Sedangkan, di akhir acara sekaligus penutupan digelar Apel Danramil dan Bhabinsa di halaman Makodim setempat. (*)

Penulis: Muhammad Hamidin (CR-080)
Editor : AJP-3 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber :
Copyright © 2017 TIMES Indonesia
Top

search Search