TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

Polres Malang Mantap Terapkan Penanganan Kasus Berbasis IT

13/12/2017 - 08:03 | Views: 2.55k
Iptu Sutiyo, Kanit Tipikor Polres Malang Kabupaten (FOTO: Widodo Irianto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Sebuah kemajuan di era keterbukaan sedang diperjuangkan oleh kepolisian, kejaksaan dan pengadilan. 
Lembaga yudikasi ini segera  meluncurkan program penanganan perkara secara terpadu berbasis Teknologi Informasi (TI).

Rabu (13/12/2017), perwakilan-perwakilan mereka akan mengikuti pelatihan penanganan perkara secara terpadu berbasis Teknologi  Informasi di Hotel Wyndham Jl Basuki Rahmat 67-73 Surabaya.

"Ini adalah bagian dari pelayanan kepolisian kepada masyarakat seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern dan terbuka," ujar Kanit Tipikor Polres Malang Kabupaten, Iptu Sutiyo, kepada TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), Rabu (13/12/2017) pagi.

Karena ini menyangkut masalah penanganan perkara, maka tentu ada regulasi yang tidak boleh menyimpang dari ketentuan hukum yang berlaku.

"Kalau perkembangan penyidikan tentu tidak bisa diakses masyarakat. Karena itu ketentuan Undang-Undang," katanya.

Jadi, rencananya kata Sutiyo, yang bakal bisa diakses adalah perkembangan penanganan perkara. Nantinya, masyarakat bakal bisa mengetahui setiap perkembangan penanganan perkara mulai dari polisi, kejaksaan hingga pengadilan dengan sistem penanganan perkara tindak pidana secara terpadu berbasis TI.

Diakui Sutiyo, ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi para penyidik. Sebab, selain ia harus bertanggungjawab ke dalam menuntaskan perkara, namun dalam waktu yang bersamaan dia juga harus menyampaikan pelaporan perkembangan kepada masyarakat.

"Tapi, itu masih dalam gambaran lah. Tentang bagaimana nanti praktik yang sesungguhnya, kami masih menunggu juklak dan juknisnya dari Mabes Polri," tambahnya.

Diketahui, bahwa program penanganan perkara pidana berbasis TI  tersebut merupakan program Bareskrim Polri yang diturunkan keseluruh Polres di Indonesia. Sistem tersebut diterapkan di Satuan Reskrim dan Satuan Narkoba, di masing-masing Polres. (*)

Jurnalis: Widodo Irianto
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber :
Copyright © 2017 TIMES Indonesia
Top

search Search