Peristiwa - Daerah
CCTV Terintegrasi Bantu Polres Jember Amankan Wilayah
07-12-2017 - 19:07 | Views: 5.14k
Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo saat menjelaskan sistem cctv di Mapolres Jember (FOTO: Angga/TIMES Indonesia)
Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo saat menjelaskan sistem cctv di Mapolres Jember (FOTO: Angga/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Masyarakat Jember kini bisa merasa lebih aman saat berada di jalan. Ini setelah Polres Jember telah menyebar kamera pengawas atau CCTV di sejumlah titik rawan pelanggaran lalu lintas dan tindak kejahatan.

CCTV tersebut juga dapat diandalkan untuk mendukung tugas kepolisian. Sebab dengan tersedianya CCTV di lokasi-lokasi paling rawan, petugas dapat bergerak lebih cepat apabila ada pelanggaran lalu lintas atau kejahatan yang terekam oleh CCTV.

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo membenarkan jika pemasangan CCTV itu bertujuan untuk meminimalisir pelanggaran lalu lintas di lokasi rawan pelanggaran dan kriminalitas.

"Misalnya ada titik kemacetan, petugas kepolisian akan dengan segera mendeteksi dan meluncur ke titik tersebut. Kemudian di daerah rawan kriminalitas juga dipasang agar tahu dengan cepat bila ada tindak kejahatan," ujarnya saat ditemui di Mapolres Jember, Kamis (7/12/2017).

Daerah rawan yang dipasangi CCTV itu di antaranya ada di stasiun, terminal, dan pasar. Dengan CCTV itu, semua gerak-gerik dapat diawasi. Dan bila terjadi kejahatan dapat langsung terdeteksi.

"Kejadiannya terekam, siapa pelakunya, berapa orang, dan wajahnya juga direkam. Jadi benar-benar terdeteksi, sehingga menjadi langkah penyelidikan awal pihak kepolisian," imbuhnya.

Kusworo berharap, dengan adanya CCTV yang langsung terintegrasi ke kepolisian itu masyarakat Jember bisa lebih aman. Selain itu, dengan adanya CCTV tersebut, pelaku atau calon pelaku kejahatan berfikir ulang untuk melanjutkan niat jahatnya.

"Ke depan CCTV ini juga dapat untuk menindak pelanggar lalu lintas," ucapnya.(*)

Pewarta
: Angga Juli Setiawan
Editor
: Wahyu Nurdiyanto
Publisher
: Sholihin Nur
Sumber
: TIMES Jember
Follow Us!
Member Of
Baca TIMES Indonesia Yuk