TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Pendidikan

Pemprov Kucurkan Dana 1 Milar untuk SMA/SMK di Blitar

24/01/2018 - 09:02 | Views: 4.74k
ILUSTRASI: Sekolah. (FOTO: geotimes)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Pemerintah Propinsi Jawa Timur mengucurkan dana sekitar Rp 1 miliar untuk SMA/SMK di Blitar. Dana yang diterima pada awal tahun 2017 lalu telah direalisasikan dalam empat bantuan. Yakni rehab bangunan, pengadaan komputer, pengadaan peralatan laboratorium dan pengadaan ruang kelas baru (RBK). 

"Dana itu merupakan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang kami terima tahun 2017 lalu. Sudah direalisasikan oleh masing-masing kepala sekolah, sesuai dengan kebutuhannya. Jadi setiap sekolah memang berbeda," jelas Kepala cabang  Dinas pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kota/ Kabupaten Blitar, Suhartono dikantornya, Rabu (24/1/2018).

Suhartono mencontohkan, dua SMA negeri mendapat bantuan komputer pada 2017. Masing-masing sekolah mendapat bantuan 20 unit komputer, yaitu SMA 4 Kota Blitar dan SMA 1 Garum.

Meskipun bantuan telah dikucur ke beberapa sekolah dengan berbagai kategori, namun masih ada kekurangan beberapa ruang kelas untuk SMA dan SMK. Kekurangan ruang kelas paling banyak terjadi di sejumlah SMK.

"Utamanya SMK memang masih banyak yang kekurangan kelas. Kalau dibandingkan dengan kebutuhan kelas, kita kekurangan beberapa kelas," ungkapnya. 

Namun kekurangan itu, lanjutnya, bisa diatasi dengan menerapkan sistem blok "Sistem blok itu siswa diajak mengikuti proses belajar mengajar langsung di bengkel atau di ruang praktik," papar Suhartono.

Tak hanya itu di SMK juga ada Prakerin (Praktek Kerja Industri)  selama 3 bulan. Selama ruang kelas yang ditinggal siswa praktik kerja di luar, bisa digunakan siswa lain. Meskipun kekurangan beberapa kelas, Suhartono menegaskan, tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar. (*)

Jurnalis: Nana Ariani
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber :
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search