TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi
Ketahanan Informasi Ekonomi

Syakir: Masalah Pangan Harga Diri Bangsa

12/01/2018 - 14:42 | Views: 6.94k
Safari panen raya padi di dukuh Semanding, Ds.Curungrejo, Kec Kepanjen, Kab Malang Jawa Timur, Jumat (12/1/2018). (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian RI DR Ir Syakir hadir dalam safari panen raya padi di dukuh Semanding, Ds.Curungrejo, Kec Kepanjen, Kab Malang Jawa Timur, Jumat (12/1/2018).

Pada kesempatan itu Syakir menjelaskan Indonesia sebagai negara agraris, maka Indonesia harus mampu swasembada beras. "Jangan sampai masalah Pangan ketergantungan dengan negara tetangga, karena ini merupakan harga diri Bangsa," tegasnya. 

Menurut Syakir saat ini sudah tidak berlaku paradigma lama yang mengenal musim panen dan musim paceklik.

Decky-Hermansyah-kanan.jpg

"Sekarang sudah paradigma baru, yang tidak mengenal musim paceklik. Jadi untuk menuju paradigma baru, negara membentuk bendungan dan saluran pengairan," ucapnya.

Selain itu, lanjut Syakir, negara juga memberikan bantuan alat produksi pertanian. Diharapkan warga cepat melaporkan alat apa yang dibutuhkan. 

Panen-Raya-Padi.jpg

Untuk diketahui kegiatan ini untuk membuktikan kepada rakyat Indonesia bahwa saat ini pemerintah sedang meningkatkan upaya upaya untuk swasembada pangan dengan memberikan teknologi dan bantuan bibit. 

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Wakapolres Malang Kompol. Decky Hermansyah, Dandim 0818 Letkol Inf Ferry Muzawwad, kepala BPPT Jatim Dr. Chendy Tafakresnanto, MP dan kepala BPPT Jateng Dr. Prasetyo Aribowo, SH, M.Soc, SC. (*)

Penulis: Cahya (CR)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber :
Top

search Search