TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Nasional

KPK Resmi Tetapkan Bupati Halmahera Timur Tersangka

31/01/2018 - 23:25 | Views: 4.77k
ILUSTRASI: KPK (GRAFIS: Dok.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Halmahera Timur RE sebagai tersangka dalam pengembangan penyidikan tindak pidana korupsi penerimaan hadiah atau janji terkait proyek di Kementerian PUPR Tahun Anggaran 2016.

"RE selaku Bupati Halmahera Timur periode 2010-2015 dan 2016-2021 diduga menerima hadiah atau janji padahal diketahui atau patut diduga bahwa hadiah atau janji tersebut diberikan untuk menggerakkan agar melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatannya yang bertentangan dengan kewajibannya," kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang saat konferensi pers di gedung KPK, Jakarta, Rabu (31/1/2018).

Selain itu, kata Saut, RE juga diduga menerima gratifikasi yang berhubungan dengan jabatannya dan yang berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya.

Saut menyatakan bahwa RE adalah tersangka ke-11 dalam kasus tersebut.  Sebelumnya, KPK telah menetapkan 10 orang lainnya sebagai tersangka terkait proyek di Kementerian PUPR Tahun Anggaran 2016. Termasuk lima diantaranya adalah anggota DPR RI yakni Damayanti Wisnu Putranti, Budi Supriyanto, Andi Taufan Tiro, Musa Zainudin, dan Yudi Widiana Adia.

"Sembilan dari 10 tersangka tersebut telah divonis di Pengadilan Tipikor Jakarta. Sedangkan, tersangka Yudi Widiana Adia saat ini masih menjalani proses persidangan," kata Saut.

Jurnalis:
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Sukma
Sumber :
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search