Ekonomi
Gorontalo Sukses Jadi Penyuplai Pangan untuk Daerah Sekitar
12-01-2018 - 21:05 | Views: 4.94k
Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian, Siti Munifah Abubakar (berkerudung biru) melakukan panen bersama di Desa Kayu Merah, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, Kamis (11/1/2018). (Foto: Istimewa)
Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian, Siti Munifah Abubakar (berkerudung biru) melakukan panen bersama di Desa Kayu Merah, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, Kamis (11/1/2018). (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kabupaten Gorontalo memiliki lahan produksi pertanian terluas di Provinsi Gorontalo. Dengan luas lahan padi sekitar 75.734 hektare, daerah tertua dan terpadat ini mampu menghasilkan panen sebesar 146.755 ton.

Maka, tidak mengherankan bila Gorontalo menjadi andalan daerah sekitarnya, untuk mensuplai bahan pangan pokok khususnya padi. 

Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian Kementan, Siti Munifah Abubakar menjelaskan, tingkat produktivitas tanaman padi di Kabupaten Gorontalo terus meningkat.

Peningkatan tersebut dipicu oleh kualitas benih serta bimbingan penyuluh pertanian. "Para penyuluh membimbing petani dalam menerapkan teknologi sesuai anjuran," ujar Munifah, Kamis (11/1/2018) saat panen di Desa Kayu Merah, Kecamatan Limboto Barat.

Sementara itu, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingga mengatakan, ke depan akan dilalukan penambahan areal tanam untuk padi, khususnya di sekitar Danau Limboto yang memiliki potensi lahan 1.000 hektare.

Selain itu, ada penambahan intensitas tanam menjadi IP 300 bagi kawasan yang memiliki irigasi teknis. Untuk lokasi Hutan Tanaman Industri, kata dia, akan dimanfaatkan untuk komoditas palawija sebagai tanaman sela. 

"Pada prinsipnya, saya memprogramkan tiada lahan yang kosong," tegasnya.

Pemerintah Provinsi Gorontalo pun mendukung kebijakan di daerah. Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim menyampaikan, akan segera berkoordinasi dengan Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) terkait. 

Harapannya, program Upaya Khusus (Upsus) yang digagas Kementan dapat berhasil sukses di Provinsi Gorontalo. (*)

Pewarta
: Ferry Agusta Satrio
Editor
: Yatimul Ainun
Publisher
: Ahmad Sukma
Follow Us!
Member Of
Baca TIMES Indonesia Yuk