TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Kesehatan

Sering Dihindari, Buah Ini Justru Bisa Mengatasi Maag Lho

01/02/2018 - 01:29 | Views: 5.65k
ILUSTRASI. Minum air lemon. (FOTO: necturajuice.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Makanan yang asam atau pedas bisa memicu maag. Seseorang yang memiliki riwayat penyakit ini bisa langsung kambuh dan asam lambungnya naik. Untuk menyembuhkan gangguan ini, penderita kerap mengonsumsi obat yang mampu menetralkan asam agar tidak berakibat fatal.

Selain menggunakan obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter, maag juga bisa disembuhkan dengan melakukan terapi jeruk lemon. Benarkah?

Jeruk lemon memang memiliki rasa asam. Namun, rasa asam ini justru menetralkan asam lambung. Seperti dilansir dari Dokter Sehat, ada penjelasan mengenai hal ini. Air dari perasan jeruk lemon mampu meredakan nyeri yang ditimbulkan oleh radang di lambung. Mengonsumsi air lemon setiap hari akan meringankan rasa sakit atau tidak nyaman pada esofagus pada penderita maag yang asam lambungnya tinggi.

Lemon juga banyak mengandung Vitamin A dan Vitamin C yang mampu melancarkan fungsi pencernaan. Mengonsumsi lemon secara rutin akan membuat bakteri di dalam usus dan dinding lambung terlarut dan gangguan maag bisa hilang perlahan-lahan.

Saat terbaik untuk mengonsumsi lemon adalah saat pagi hari. Anda bisa memeras lemon dan dicampurkan dengan air hangat. Minum air lemon saat perut sedang kosong atau 20 menit sebelum sarapan. Saat air perasan jeruk lemon terlalu asam, Anda bisa menambahkan madu agar sedikit manis tanpa mengurangi manfaat aslinya.

Jadi, meski Anda memiliki rowayat sakit maag jangan takut untuk mengonsumsi jeruk lemon meski. Lemon justru bisa digunakan untuk terapi agar penyakit itu tidak muncul lagi. (*)

Jurnalis:
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber :
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search