TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Politik

Golkar Kabupaten Malang Optimistis Lolos Verifikasi Faktual

01/02/2018 - 01:54 | Views: 3.09k
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Malang, Siadi SH dalam verifikasi faktual di kantor DPD Golkar di Pakisaji. (FOTO: Widodo Irianto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panwas melakukan verifikasi kepada Partai Golkar Kabupaten Malang di kantor DPD Golkar Kabupaten di Pakisaji, Rabu (31/1/2018).  Ada tiga i tiga item yang diperiksa, yakni tentang kepengurusan DPD, keterwakilan perempuan dan keterwakilan di tingkat kecamatan.

"Alhamdulillah semua item yang disyaratkan dalam Undang-Undang itu terpenuhi. Artinya kami sudah lolos verifikasi, " kata Ketua DPD Partai Golkar, Siadi SH kepada TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), Rabu (31/1/2018) siang. 

KPU Kabupaten Malang memang berusaha memenuhi target waktu verifikasi faktual Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu.

perempuan.jpg

Untuk mempermudah dan efektivitas verifikasi, KPU juga melakukannya dengan cara pengumpulan anggota parpol pada satu titik lokasi. Rabu (31/1/2018) kemarin KPU mengumpulkan pengurus dan anggota partai Golkar di kantor DPD Partai Golkar di Pakisaji. 

Dengan metode verifikasi faktual itulah, KPU optimistis waktu target verifikasi ini terpenuhi. 
Tim dari KPU maupun Panwas itu langsung dibagi tiga. Satu tim memverifikasi kepengurusan partai Golkar, satu tim lagi memverifikasi keterwakilan perempuan dan satu tim lainnya memverifikasi keterwakilan di tingkat kecamatan. 

Verivikasi-golkar.jpg

Sesuai Undang-Undang partai yang dinyatakan lolos verifikasi faktual harus memenuhi memiliki kepengurusan paling sedikit di 50 persen jumlah kecamatan, menyertakan paling sedikit 30 persen keterwakilan perempuan pada kepengurusan parpol tingkat pusat, memiliki anggota paling sedikit 1.000 atau 1/1.000 dari jumlah penduduk, memiliki kantor tetap untuk kepengurusan hingga kecamatan.

"Semuanya kami punya," kata Siadi. (*)

Jurnalis: Widodo Irianto
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber :
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search