Peristiwa - Daerah
Wali Kota Batu: Satu Perda untuk Cabut Beberapa Perda
12-01-2018 - 22:57 | Views: 3.41k
Rapat paripurna jawaban Wali Kota Batu, Jumat (12/1/2018) di DPRD Kota Batu. (FOTO: Ferry/TIMES Indonesia)
Rapat paripurna jawaban Wali Kota Batu, Jumat (12/1/2018) di DPRD Kota Batu. (FOTO: Ferry/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ada 6 (enam) Peraturan Daerah (Perda) Kota Batu yang harus dicabut  karena bertentangan dengan aturan di atasnya, juga dinilai menghambat birokrasi dan investasi.

Untuk mencabutnya, diperlukan perda baru. Itu yang menjadi bahasan dalam beberapa rapat paripurna di DPRD Kota Batu. Seperti terjadi hari ini, Jumat (12/1/2018). 

Wali Kota Batu menyampaikan jawaban atas pandangan fraksi-fraksi, terkait rancangan perda perihal pencabutan beberapa perda.

BACA JUGA: Dewanti Apresiasi Kritik DPRD Kota Batu Soal Pengelolaan Parkir

Dalam tanggapannya, dia mengatakan, dengan mempertimbangkan efektivitas dan efisiensi dalam proses pembentukan perda, maka pencabutan beberapa perda dapat dilakukan dengan satu perda.

Dewanti menjelaskan, secara normatif, mengacu pada UU Nomor 12 tahun 2011, tidak ada ketentuan yang mengatur tentang penggabungan pencabutan beberapa perda dalam satu perda.

Dia juga mencontohkan, beberapa perda dari daerah lain yang senada. Seperti  Perda Provinsi Jawa Timur No 5 Tahun 2016 tentang Pencabutan Empat Perda Provinsi Jawa Timur. Juga Perda Kabupaten Badung No 1 Tahun 2017, dan Perda Kabupaten Kulonprogo No 2 Tahun 2017.

"Dari contoh tersebut, dapat diartikan bahwa penggabungan pencabutan beberapa perda dapat dilakukan," ujarnya di hadapan anggota dewan.

Dia menambahkan, sebelum Perda-Perda tersebut ditetapkan, telah melalui proses fasilitasi. Mekanisme fasilitasinya sesuai dengan ketentuan, yakni UU No 23 Tahun 2015 tentang Pemerintahan Daerah dan Permendagri No 80 Tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah. (*)

Pewarta
: Ferry Agusta Satrio
Editor
: Wahyu Nurdiyanto
Publisher
: Ahmad Sukma
Sumber
: TIMES Batu
Follow Us!
Member Of
Baca TIMES Indonesia Yuk