TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Glutera News

Kepribadian Pengaruhi Kesehatan Tubuhmu

13/01/2018 - 08:53 | Views: 88.63k

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hal yang kamu ketahui selama ini bahwa kepribadian masing-masing orang berpengaruh terhadap sifat dan sikap mereka dalam menghadapi segala hal. Well, tak banyak yang tahu bahwa kepribadian juga bisa berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuh.

Dilansir dari boldsky.com, ini dia penjelasannya.

1.    PEMALU
Jika kamu seorang yang pemalu, maka masalah terbesar yang kamu hadapi adalah ketakutan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Bahkan, kamu juga memiliki sikap yang lebih waspada ketika ada salah satu anggota keluarga yang agresif dan senang blak-blakan.

Menurut penelitian yang dilakukan di Northwestern University, Chicago, karena pemalu suka menghindari interaksi sosial, maka mereka berisiko untuk mengalami serangan jantung atau stroke sebanyak 40% lebih tinggi dibandingkan dengan si ekstrovert. Sifat pemalu ini pula yang membuat mereka sering mengalami gagal berkomunikasi yang menyebabkan banyak penyakit yang tidak terdeteksi dengan baik.

2.    MUDAH KHAWATIR
Sifat mudah khawatir yang kamu derita juga akan membuatmu rentan mengalami stres. Kemudian stres ini menimbulkan gangguan makan, sindrom metabolik, neurosis, dan psikosis. 

Agar sifat mudah khawatir tak berubah jadi penyakit berbahaya, kamu harus memiliki keberanian untuk menghentikan kekhawatiran yang berlebihan. Kamu harus fokus pada solusi daripada mengkhawatirkan hal yang bahkan belum terjadi.

3.    OPTIMIS
Sifat optimis menjadikan seseorang mudah melihat dari sudut pandang positif dari semua hal yang terjadi. Dan kesehatan tubuh pun mengikuti perilaku positif ini.

Menurut penelitian dari Mayo Clinic, sifat optimis bisa mengurangi risiko kematian hampir 50%. Hal yang kedua, si optimis memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik. Ketiga, sifat optimis juga menghindarkan stres. Hal ini tentu saja sangat baik untuk mendukung kesehatan fisik dan mental.

4.    ARGUMENTATIF
Mereka yang argumentatif mudah untuk tersulut emosi dan mengajak berdebat siapa saja entah itu keluarga, teman, atau pasangan. Dan menurut penelitian yang dilakukan di University of Utah, mereka yang memiliki sifat ini lebih berisiko tinggi terkena penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang lebih tenang.

Penelitian ini juga menemukan fakta menarik bahwa wanita yang kerap bertengkar di rumah tangga mereka lebih mudah mendapatkan pengerasan arteri. Sementara kaum pria akan mudah mengembangkan aterosklerosis di pembuluh koroner mereka.

5.    DISIPLIN
Orang yang disiplin cenderung memiliki kondisi batin yang stabil dan kuat? Mengapa? Sebab mereka menjunjung tinggi komitmen dan hal ini akan mengilhami mereka untuk melakukan hal yang sama di setiap aspek kehidupan mereka.

Selain itu, penelitian dari University of California menemukan bahwa orang-orang yang disiplin cenderung hidup sampai 4 tahun lebih lama dibandingkan dengan mereka yang impulsif.

6.    ROMANTIS
Mereka yang romantis akan cenderung melakukan kontak fisik dengan pasangan mereka. Dan dari kontak fisik ini, entah itu pelukan, ciuman, atau hubungan seks bisa meningkatkan oksitosin dalam darah. Hasil positif yang didapat adalah tekanan darah yang rendah.

Itulah sekilas penjelasan tentang korelasi antara sifat dan kondisi kesehatan seseorang.

Jadi, sifat manakah yang kamu miliki?

ENAM TIPS SEHAT ALA GLUTERA:

1.    Minum Air Putih
Minum air putih sesuai rumusnya, berat badan 100 kg kebutuhan air minumnya 3 liter dalam 1 hari. Hiung dan sesuaikan dengan berat badan Anda. (misalkan berat badan 50 kg kebutuhan airnya 1,5 liter per hari).

2.    Oksigen
Paru paru kita tidak boleh kekurangan oksigen. Paling mudah, bangun tidur hirup udara dalam dalam kemudian tahan sebentar, hembuskan lewat mulut selama 10-15 detik. Ulangi beberapa kali.

3.    Makanan Kesehatan
Usia diatas 25 tahun sudah menjadikan kewajiban untuk mengkonsumsi makanan kesehatan. Sebagaimana dengan Rangkain Produk Glutera. Mulai Pagi hari sebelum aktifitas dengan Nitric Oxide, siang hari setelah aktifitas dengan Collagen, dan malam hari sebelum istirahat dengan Glutathione.

4.    Istirahat
Tidur sehari antara 7-8 jam maksimal dalam satu hari. Ada saatnya tubuh kita untuk istirahat.

5.    Olahraga
Kurang gerak atau kurang olah raga membuat fungsi tubuh kita tidak berkerja secara normal, terutama diatas usia 25 tahun dimana sistem metabolismenya sudah menurun. Perlu adanya aktifitas gerak. Minimal 45-60 menit. Jika tanpa aktifitas gerak, kalori tidak akan terbakar dan menjadikan lemak yang menumpuk.

6.    Berpikir Positif
Terlalu banyak memikirkan hal negatif membuat otak kita tidak bekerja secara sehat, energi terlalu penuh negatif menjadikan tubuh menjadi lemah dan menurunkan fungsinya. Selalulah berpikir positif untuk hidup yang lebih baik. Karena tubuh sehat adalah tubuh dengan energi positif.

Semoga bermanfaat. 

Jurnalis:
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber :
Top

search Search