Wisata
Kabupaten Malang Emas
Desa Wisata di Kabupaten Malang Bertambah, di Sini Letaknya
07-02-2018 - 11:57 | Views: 7.54k

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Satu lagi kekuatan destinasi pariwisata di Kabupaten Malang bertambah dengan dimasukkannya Desa Sambang Pudjiharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur sebagai satu dari 17 desa pariwisata. 

Disebut Desa Sambang (kunjungan), karena desa wisata Pudjiharjo memang mengedepankan wisata sambang sejumlah pertanian dan perkebunan.  
"Kalau berwisata ke sana wisatawan bisa sambang durian,  sambang pisang, sambang sawah dan sebagainya, "kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Made Arya Wedanthara SH, Rabu (7/2/2018) lagi. 

Made sendiri yang juga telah melaunching Desa Pudjihardjo itu akhir Desember 2017 lalu.  Mulai Selasa (6/2/2018) hingga Rabu (7/2/2018) juga dilakukan diskusi yang diprakarsai Asidewi (Asosiasi Desa Wisata)  Kabupaten Malang untuk memasukkan desa Pudjihardjo sebagai bagian dari 17 desa wisata ke dalam katalog wisata Kabupaten Malang. 

Dengan dimasukkan Desa Pujihardjo, kata Made, wisatawan nanti langsung bisa memilih kunjungannya selama di Kabupaten Malang. 

pantai-Sipelot.istimewa.jpgSalah satu sudut pemandangan Pantai Sipelot. (FOTO: Istimewa)

"Ini lho sudah ada desa Pujihardjo dengan andalan sambang duren, sambang pisang, sambang sawah dan sebagainya. Lebih banyak ke alam-lah," tegas Made lagi. 

Kawasan Ampelgading memang merupakan kawasan penghasil pisang, durian, alpukat dan hasil perkebunan lainnya. Pisang agung yang ukurannya super gede adalah salah satunya. "Bahkan Pujihardjo juga punya pantai Sipelot yang cukup indah," katanya. 

Sejumlah home-stay juga sudah dimunculkan di Pujihardjo sebagai antisipasi kunjungan wisatawan yang ingin bermalam di sana. Hingga kini, kata Made, ada 25 homestay di Pujihardjo. 

Dalam diskusi para anggota Asidewi itu, juga akan dilakukan evaluasi serta penyusunan program Asidewi ke depan dalam tahun 2018 ini. Di Kabupaten Malang juga telah terbentuk 30 Kelompok Desa Wisata dengan telah menghasilkan 17 desa wisata. (*)

Pewarta
: Widodo Irianto
Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Ahmad Sukma
Sumber
: TIMES Malang
Follow Us!
Member Of
Baca TIMES Indonesia Yuk