TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Malas Bangun Tidur saat Hujan, Ini Penyebabnya

06/03/2018 - 05:21 | Views: 16.84k
ILUSTRASI - Malas Bangun Tidur (FOTO: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat cuaca hujan, kita memang cenderung malas untuk keluar rumah, apalagi jika hujan sudah berlangsung sejak malam hari dan berlanjut hingga pagi hari. Banyak orang yang bahkan mengaku sulit untuk bangun tidur saat hujan turun di pagi hari.

Dilansir dari Dokter Sehat, pakar kesehatan dr. Andreas Prasadja, RPSGT yang berasal dari Snoring and Sleep Disorder Clinic yang ada di Jakarta menyebutkan bahwa saat hujan turun, tubuh akan merasakan sensasi nyaman dan tenang sehingga tidur pun akan menjadi lebih pulas.

Tak hanya itu, hujan juga akan membuat cuaca di luar terlihat lebih redup dan sejuk sehingga membuat kita merasa lebih nyaman untuk tidur. Suara gemericik air hujan ternyata juga bisa berfungsi sebagai white noise alami yang sangat nyaman bagi pendengaran dan mendorong tubuh untuk rileks atau beristirahat.

Berbagai faktor inilah yang membuat kita cenderung malas untuk bangun pagi saat cuaca sedang hujan. Kita seperti merasa sayang dengan kondisi cuaca yang sangat cocok untuk bermalas-malasan seharian.

Selain itu, hujan juga cenderung membuat lalu lintas menjadi lebih padat, apalagi jika di beberapa jalan raya sampai terjadi banjir. Ditambah dengan guyuran air hujan yang dingin, maka kita pun akan semakin enggan untuk beranjak dari tempat tidur, apalagi ke luar rumah.

Meski membuat orang ingin bermalas-malasan, bukan berarti kita kemudian memilih untuk tidak melakukan apa-apa saat hujan sudah turun sejak pagi hari. Jika memang kita harus bekerja atau melakukan aktivitas lainnya, ada baiknya kita tetap keluar rumah. (*)

Jurnalis:
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber :
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search