Peristiwa - Daerah
Air Mata Bagi Mereka yang Lulus Dalam Pengabdian
12-02-2018 - 12:46 | Views: 76.64k
Air mata itu meleleh ketika para istri personil purna bakti itu menerima jabatan tangan dari istri Kapolres Malang, Ny Tika Yade Setiawan Ujung dan istri Dandim 0818, Ny Ferry Muzzawad di halaman Mapolres Malang. (FOTO: Widodo/TIMES Indonesia)
Air mata itu meleleh ketika para istri personil purna bakti itu menerima jabatan tangan dari istri Kapolres Malang, Ny Tika Yade Setiawan Ujung dan istri Dandim 0818, Ny Ferry Muzzawad di halaman Mapolres Malang. (FOTO: Widodo/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Derai air mata itupun akhirnya tumpah dari sudut atas pipi-pipi istri Kapolres Malang dan Dandim 0818 ketika mengiringi pelepasan 40 personil TNI dan Polri di halaman Mapolres Malang, Senin (12/2/2018) pagi. 

Tangis itu tak lagi mampu membendung rasa haru mereka setelah puluhan tahun para personil yang purna bakti itu mengabdi bersama untuk kepentingan nusa dan bangsa di kesatuan masing-masing. 

Ketua Bhayangkari Cabang Malang Ny.Tika Yade Setiawan Ujung, misalnya, tidak bisa menyembunyikan rasa harunya saat berjalan mengikuti 24 personil Polres Malang dan 16 personil TNI AD Kodim 0818 beserta istri yang purna tugas keluar dari Kesatrian Mapolres Malang dalam acara Wisuda purna bakti, pagi itu. 

Polres-MAlang.jpg

Begitu mereka berjalan di bawah acungan pedang, air matanya meleleh. Bukan hanya istri Kapolres dan Dandim saja yang menitikkan air mata, sejumlah personil Polwan dan Kowad pun banyak yang menangis. 

"Ya, mereka telah lulus dalam pengabdiannya kepada negara dan bangsa," ucap Ny Tika. Sebagai wujud penghargaan dan ungkapan terima kasih kepada anggota Polri yang telah melaksanakan tugas hingga masa akhir tugas, pagi itu Polres Malang memang menggelar purna bakti kepada anggota Polres Malang dan Kodim 0818 Malang Batu yang telah memasuki masa pensiun di tahun 2017.

Acara yang digelar di halaman Mapolres ini dipimpin langsung oleh Kapolres Malang dengan didampingi Komandan Kodim 0818 Malang – Batu Letkol Inf. Ferry Muzawad S.IP.

Diakhir kegiatan wisuda purna bakti 24 personil Polres Malang dan 16 personil TNI AD Kodim 0818 ini, Kapolres didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Malang, memberikan tali asih kepada kedua purna bakti, didampingi pula oleh istri, serta ucapan selamatnya yang di ikuti oleh seluruh peserta upacara.

"Sebuah kalimat pendek yang ditunggu dan di nanti oleh setiap orang yang menjalani sebuah ikatan Dinas Pemerintah atau Negara adalah Purna Bhakti. Bahasa halus dari kata Pensiun," kata Kapolres Malang,  AKBP Yade Setiawan Ujung. 

Dua kata yang bisa berarti sama dan bisa berarti berbeda adalah jika pensiun terkesan selesai sudah tugas dan urusan. Namun jika Purna Bhakti adalah selesai atau tuntas tugas dari institusi yang diikuti namun bisa mengabdi dengan tanpa ikatan.

"Personel yang bersangkutan telah sukses dan tanpa cela mengabdi sampai batas kedinasan yang ditentukan, ini adalah sebuah prestasi dan kebanggaan bagi keluarga, institusi dan rekan sejawat," tambahnya. (*)

Pewarta
: Widodo Irianto
Editor
: Dhina Chahyanti
Publisher
: Rochmat Shobirin
Sumber
: TIMES Malang
Follow Us!
Member Of
Baca TIMES Indonesia Yuk