TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Olahraga

Skuat Manchester City Termahal Sepanjang Sejarah

13/02/2018 - 21:00 | Views: 5.96k
Manchester City (FOTO: AFP/Oli Scarff)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ada uang, ada kualitas. pepatah itu tepat untuk menggambarkan skuat Manchester City saat ini. Kegemilangan Manchester City di Liga Inggris musim ini tidak terlepas dari gelontoran uang untuk membeli pemain bintang.

Menurut data CIES Football, Manchester City telah menggelontorkan dana 878 juta euro atau Rp 14,6 triliun. Jumlah itu membuat Manchester City memuncaki daftar tim termahal di sepak bola.

Pembengkakan nilai skuat Manchester City tidak terlepas dari aksi mereka di bursa transfer. Terkini, mereka baru saja memboyong Aymeric Laporte dari Athletic Bilbao seharga 65 juta euro.

Jumlah 878 juta euro tersebut bahkan melebihi uang yang digelontorkan PSG. Le Parisien tercatat telah menggelontorkan 805 juta euro.

Bengkaknya pengeluaran PSG tercipta setelah jawara Liga Prancis itu memboyong Neymar dari Barcelona. Seperti diketahui, Neymar diboyong dengan harga 222 juta euro, yang membuatnya menjadi pemain termahal dunia.

Manchester United menempati peringkat ketiga dengan 747 euro. MU mengalahkan dua raksasa Spanyol, Barcelona dan Real Madrid yang masing-masing menempati peringkat keempat dan keenam.

Inggris Mendominasi

Mcity-2.jpgManchester City. (AP Photo/Rui Vieira)

Dari daftar 15 klub yang dikeluarkan CIES, Liga Inggris mendominasi dengan menempatkan tujuh klubnya. Di bawah Liga Inggris, ada Liga Spanyol yang menempatkan tiga wakilnya.

Bayern Munchen menjadi satu-satunya klub asal Jerman yang menempati peringkat 15 besar tersebut. FC Hollywood tercatat telah menggelontorkan 448 juta euro pada bursa transfer.

Peringkat terakhir dihuni AS Monaco. Rival PSG itu diketahui mengeluarkan dana 286 juta uero pada bursa transfer lalu.

Data CIES

Mcity-3.jpg

(FOTO: Twitter/@CIES_Football)

Baca berita menarik lainnya di liputan6.com di sini

Jurnalis: Luthfie Febrianto
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : Liputan6
Top

search Search