TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

Petugas Gabungan Berburu Makanan dan Minuman Kedaluwarsa

22/03/2018 - 13:08 | Views: 5.49k
Hevin Switerson Kabid Pengawasan Kemetrologian Disperindag Situbondo saat melakukan Operasi di Pusat Perbelanjaan makanan dan minuman di Situbondo ( FOTO: Fawaid Aziz/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SITUBONDO – Kabid Pengawasan Kemetrologian Dinas Perindustrian dan Perdagangan Situbondo, Polres Situbondo dan Satpol PP menggelar operasi makanan dan minuman di beberapa swalayan toko grosir di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Kamis, 22/3/2018.

Hevin Switerson, Kabid Pengawasan Kemetrologian Disperindag Situbondo yang memimpin operasi, mengatakan, menjelang lebaran, daya beli masyarakat akan semakin meningkat, untuk itu perlu upaya antisipasi untuk mencegah beredarnya makanan dan minuman kedaluwarsa.

Sidak-Makanan.jpg

"Kegiatan ini dilakukan bukan hanya menjelang hari raya saja namun ini merupakan kegitan rutin bagian dari soft terapy dan antisipasi yang secara insedental, reguler dilakukan untuk melindungi masyarakat," ucapnya.

Hevin, melanjutkan dalam operasi ini, tim menemukan adanya makanan dan minuman kedaluwarsa, label makanan yang terlepas, makanan yang terbuka, dan kaleng yang sudah berkarat. "Temuan ini akan menjadi rekomendasi tim kepada swalayan untuk diperhatikan, karena ini sifatnya hanyalah pembinaan," katanya.

Meski demikian untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan, petugas meminta penanggung jawab swalayan agar tidak mencampur makanan yang masih berlaku dengan yang kedaluarsa di dalam gudang. Menurut Hevin, pihaknya juga meminta pemilik gudang agar mengecek kembali tanggal kedaluarsa makanan di dalam gudang.

Sidak-Makanan-B.jpg

“Kami minta agar makanan tidak layak tidak disimpan dalam satu tempat yang sama. Periksa juga tanggal setiap barang yang akan dikeluarkan untuk dijual. Kalau ada yang kedaluarsa segera musnahkan atau kembalikan kepada agen atau distributor,” ujarnya.

Hevin, memastikan jika pada operasi selanjutnya terdapat makanan dan minuman yang kedaluwarsa, akan dilakukan tindakan.

"Operasi ini bertujuan memberikan kenyamanan terhadap masyarakat, Karena pusat - pusat perbelanjaan di Kabupaten Situbondo makin hari sudah mulai membaik," ucapnya. (*)

Jurnalis: Fawaid Aziz
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber :
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search