TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Kesehatan

Sedang Program Hamil? Yuk Lakukan Persiapan Ini

18/04/2018 - 04:50 | Views: 1.55k
Ibu hamil. (FOTO: Womantalk.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTAProgram hamil menjadi salah satu cara untuk segera mendalatkan keturunan. Terlebih bagi mereka yang sudah lama menikah tapi belum dikaruniai anak. Saat melakukan program hamil, jangan asal-asalan. Pastikan Anda menyiapkannnya dengan baik. Dilansir dari Klik Dokter, berikut persiapan program hamil yang bisa Anda lakukan.

1. Pastikan Tubuh dalam Kondisi Sehat
Saat memutuskan untuk melakukan program hamil, pastikan kondisi Anda dan suami dalam kondisi sehat. Sebab, kesehatan kedua belah pihak turut memengaruhi kehamilan hingga proses persalinan nantinya.

2. Pola Makan Sehat dan Seimbang
Penerapan pola makan sehat dan bergizi seimbang penting untuk dilakukan. Setidaknya mulailah tiga bulan sebelum program hamil berjalan. Hal ini dapat membantu Anda dan pasangan meningkatkan kesuburan. Makanan yang disarankan adalah karbohidrat kompleks, lean protein, sayur, dan buah-buahan segar.

2. Hindari Stres
Studi pada Human Reproduction tahun 2014 menyebutkan bahwa stres memegang suatu peran pada terjadinya infertilitas. Oleh karena itu, jika Anda dan pasangan hendak melakukan program hamil, pastikan Anda berdua tidak diselimuti stres, apalagi hingga depresi.

3. Olahraga
Olahraga merupakan cara yang baik untuk membuat tubuh bekerja dengan lebih optimal, termasuk bila Anda sedang mempersiapkan kehamilan.

Beberapa jenis olahraga yang bisa Anda coba antara lain aerobik, jalan kaki, jogging, dan bersepeda. Hindari olahraga berat dan berlebihan, termasuk gerakan olahraga yang melibatkan otot perut seperti push up.

4. Berat Badan Ideal
Indeks massa tubuh ideal berkisar antara 20 hingga 25. Bila IMT Anda atau pasangan lebih tinggi atau kurang daripada itu, fungsi hormonal bisa mengalami gangguan.

Individu dengan berat badan berlebih atau obesitas memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami komplikasi kehamilan. Komplikasi yang dapat terjadi antara lain hipertensi, penyakit jantung, diabetes dan lainnya. Begitu pula dengan orang yang memiliki berat badan di bawah normal atau underweight.

5. Hindari Rokok, Kafein, dan Alkohol
Bagi Anda yang hendak menjalani program hamil, sebaiknya singkirkan niat untuk merokok, mengonsumsi makanan atau minuman berkafein maupun yang mengandung alkohol. Kebiasaan tersebut dapat menganggu sistem reproduksi pada pria maupun wanita, sehingga kehamilan lebih sulit terjadi.

6. Tidur Cukup
Sebelum dan selama program hamil, Anda dianjurkan untuk tidur 8 jam setiap hari. Selain untuk mencegah penurunan daya tahan tubuh, cukup tidur juga baik untuk meningkatkan produksi melatonin. Hindari konsumsi suplemen melatonin, karena adanya efek hormonal yang terkandung di dalamnya.

Persiapan program hamil di atas sangat baik untuk dilakukan, bahkan sejak 6 bulan sebelum program hamil. Jika Anda mendapati kesulitan sebelum atau saat menjalani program hamil, jangan ragu untuk berkonsultasi secara langsung pada dokter. (*)

Jurnalis:
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber :
Top

search Search