TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Kesehatan

Jangan Berlebihan, Makanan Tinggi Garam Bisa Sebabkan Obesitas

22/04/2018 - 06:45 | Views: 1.45k
Obesitas. (FOTO: Cara Menambah Berat Badan)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tak hanya makanan manis, ternyata makanan asin atau yang mengandung tinggi garam juga dapat menyebabkan terjadinya obesitas. Bagaimana makanan asin bisa menyebabkan obesitas?

Dilansir dari Klik Dokter, penelitian yang telah dilakukan di Amerika, Inggris, dan Australia menyatakan, keadaan tersebut terjadi karena garam memiliki kandungan kalori yang tinggi, dan bisa memicu terjadinya rasa haus. Kemudian, ketika haus, seseorang akan cenderung “mengobatinya” dengan mengonsumsi minuman manis dalam jumlah banyak. Pada akhirnya, risiko obesitas atau kelebihan berat badan akan meningkat berlipat ganda.

Melihat berbagai hasil dari penelitian tersebut, Anda juga harus berhati-hati terhadap makanan yang tinggi garam. Berdasarkan dari Pedoman Umum Gizi Sehat (PUGS) yang dikeluarkan oleh Kemenkes, jumlah garam yang diperbolehkan untuk dikonsumsi dalam sehari adalah 5 gram atau sekitar 1 sendok teh.

Selain makanan, Anda juga harus berhati-hati dalam menambahkan berbagai bumbu dan saus penyedap rasa seperti garam meja, saus tomat, kecap asin, saus tiram, kecap inggris, saus barbeque, dan lainnya. Ini karena bahan-bahan tersebut mengandung tinggi garam.

Itulah penjelasan mengapa makanan asin bisa menyebabkan obesitas. Sudah saatnya untuk membatasi segala asupan yang mengandung tinggi garam atau makanan asin. Jika tidak, bukan tak mungkin Anda akan berakhir pada kondisi kelebihan berat badan alias obesitas, yang nantinya turut meningkatkan risiko berbagai penyakit berbahaya. (*)

Jurnalis:
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber :
Top

search Search