TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah
Hari Kartini 2018

Hari Kartini, Siswi di Gresik ini Ikuti Sosialisasi Pilgub

22/04/2018 - 13:19 | Views: 4.75k
Siswi SMA Al - Muniroh saat pawai dengan membawa alat peraga sosialisasi (FOTO : Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Momentum Hari Kartini, ratusan siswa-siswi SMA Al-Muniroh, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, mengikuti sosialisasi tahapan Pemiihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur dengan mengenakan kebaya. 

Kegiatan sosialisasi tersebut merupakan program yang digagas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Ujungpangkah untuk menggaet pemilih pemula. Kegiatan tersebut terlaksana di Aula SMA Al - Muniroh, Minggu (22/4/2018). 

Sebelum mengikuti sosialisasi, para siswa-siswi juga pawai dengan membawa alat peraga sosialisasi (APS) mengelilingi perkampungan sekitar sekolah.

Sosialisasi-Pilgub-B.jpg

Salah satu siswa SMA Al Muniroh, Nurul Hidayati Al-Aufa (17) mengaku senang dapat melaksanakan sosialisasi dengan mengenakan busana kebaya lengkap dengan atribut. 

Dirinya menjelaskan, melalui momentum Hari Kartini, perempuan harus berperan aktif dalam memilih pemimpin khusus bagi kaum muda. 

"Senang dapat mengikuti kegiatan ini. Sosialisasi ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan tentang pemilu," katanya. 

Dalam sambutannya, Kepala SMA Al Muniroh, Syamsul Anam menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan di sekolah yang ia pimpin. Dirinya berharap melalui sosialisasi yang dilakukan, nantinya para pemilih pemula dapat memilih sesuai hati nurani. 

"Ini juga sebagai bentuk pembelajaran demokrasi. Kalau di kelas hanya sedikit materi yang disampaikan melalui pembelajaran PKN. Di sini, siswa dapat belajar soal kepemiluan," tutur dia. 

Sementara itu, Ketua PPK Ujungpangkah, Abdullah Hanif mengatakan, sosialisasi tersebut dilakukan untuk memberikan informasi kepada pemilih pemula akan pentingnya memilih pemimpin sebagai pembelajaran demokrasi. 

Dirinya menyebutkan, peran pemilih pemula dalam memilih sangat penting. Sebab kata dia, terdapat 20 persen pemilih pemula yang ada di daftar pemilih tetap (DPT) se Kabupaten Gresik. 

Dalam kesempatan tersebut, dirinya mengajak kepada siswa-siswi untuk menjadi pemilih yang cerdas dengan menerapkan beberapa kiat seperti mengenal pasangan calon hingga mengetahui visi dan misi kedua Cagub Jatim. 

"Kami berharap pemilih pemula menjadi pemilih yang cerdas. Jangan sampai golput. Suara pemilih pemula dan remaja ini sangat berperan penting dalam pemilihan," tambah dia. 

Dari kegiatan tersebut, PPK Ujungpangkah berkomitmen untuk menjadikan pemilih pemula dapat menjadi pemilih yang cerdas dan memilih sesuai hati nurani. (*)

Jurnalis: Akmalul Azmi
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber :
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search