TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Kesehatan

Yuk, Lakukan Cara Ini agar Sushi Lebih Sehat

23/04/2018 - 00:30 | Views: 3.07k
Makanan Sushi. (FOTO: plimbi)

TIMESINDONESIA, JAKARTASushi dianggap sebagai makanan sehat. Salah satu alasannya adalah bahan untuk pembuatan sushi masih segar. Meski sehat, ternyata sushi bisa lebih menyehatkan lagi. Lalu bagaimana membuat sushi lebih menyehatkan?

1. Pilih gulungan yang tepat

Bahan-bahan adalah faktor penentu terbesar dalam apakah sushi Anda sehat atau tidak. Ikan biasanya rendah kalori, tinggi protein dan dikemas dengan nutrisi kuat seperti omega-3. 

Sertakan juga sayuran kukus dan segar, yang kaya serat, dan alpukat, lemak sehat untuk kesehatan jantung. Hindari juga saus berbasis mayones, bahan atau sayuran yang digoreng biasanya berlabel “renyah” atau “tempura”.

2. Kurangi saus celup dan saus kedelai

Saus celup dapat meningkatkan kadar natrium dan lemak dalam makan malam sushi secara cepat. Satu sendok kecap (saus kedelai) mengandung 575 mg natrium: sekitar 25 persen batas harian yang disarankan ahli kesehatan.

3. Pastikan ikan mentah berkualitas

Ketika memakan apa pun yang mentah, ada risiko buruk dari bakteri dan parasit. Oleh karena itu, pastikanlah ikan yang menjadi bahan dalam sushi berkualitas bagus.

Bahan paling aman adalah gulungan sushi dengan sayuran atau makanan laut yang dimasak.

Itulah 3 cara membuat sushi lebih menyehatkan. Ingat, bahan yang berkualitas dan cara mengolah yang tepat bisa membuat sushi juga lebih nikmat. (*)

Jurnalis: Deasy Mayasari
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber :
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search