TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Kesehatan

Ingin Camilan Sehat? Yuk, Pilih Makanan Ini

23/04/2018 - 04:23 | Views: 3.58k
Apel panggang, salah satu camilan sehat yang aman dikonsumsi setiap saat. (FOTO: Vemale)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ada berbagai jenis makanan yang menjadi favorit banyak orang untuk camilan. Mulai dari buah, kue, keripik, gorengan, dan masih banyak lainnya. Namun sayangnya makan camilan yang tidak tepat bisa membuat asupan kalori menjadi berlebihan. Karena itu, pilihlah camilan sehat agar tak perlu khawatir asupan kalori dalam tubuh berlebihan.

Apa sajakah camilan sehat yang aman dikonsumsi setiap saat? Dilansir dari Antara, berikut 8 camilan sehat yang aman dikonsumsi.

1. Popcorn

5-6 porsi pop corn bisa memiliki kandungan kalori dibawah 100 dan tinggi serat. Angka ini setara dengan 4-5 tangkup pop corn seukuran tangan orang dewasa.

2. Buah melon dengan yoghurt rendah lemak

Potongan buah melon dan yoghurt menjadi camilan sehat yang rendah kalori namun tetap nikmat kan, sajikan sebagai salad atau makan bersamaan tentu bisa jadi pilihan camilan yang tepat, kan?

3. Biskuit whole grain dan keju

Siapa yang tidak suka biskuit, tiga keping biskuit whole grain dengan potongan atau parutan keju diatasnya bisa menjadi pilihan camilan dengan kalori dibawah 100 kkal.

4. Kacang almond

15 butir kacang almond bisa kita konsumsi sebagai camilan sehat rendah kalori, sodium dan kolesterol.

5. Apel panggang

Pernah mencoba apel panggang? Satu butir apel panggang rendah kalori dan tinggi serat. Tambahkan bubuk kayu manis untuk meningkatkan cita rasa pada buah apel.

6. Kacang edamame

2-3 porsi edamame yang setara dengan 1-2 sendok sayur kacang edamame bisa menjadi pilihan camilan sehat yang rendah kalori, selain itu konsumsi edamame dalam jumlah tersebut mampu memenuhi ¼ kebutuhan zat besi tubuh.

7. Buah apel dengan selai kacang

Apel dengan selai kacang bisa menjadi pilihan camilan sehat rendah kalori yang memiliki rasa unik dan menyehatkan, pernah mencobanya?

8. Yoghurt dengan biji bunga matahari

Kombinasi camilan sehat ini tidak hanya rendah kalori namun juga super sehat karena melancarkan pencernaan dan meningkatkan asupan vitamin E serta lemak baik untuk tubuh.

Camilan sehat di atas bisa dikonsumsi untuk menemani aktivitas dan waktu santai Anda. Meski menyehatkan, Anda juga perlu membatasi jumlah camilan yang Anda konsumsi. Tujuannya agar Anda tidak berlebihan makan camilan yang bisa berakibat buruk untuk tubuh. (*)

Jurnalis: Deasy Mayasari
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber :
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search