TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa
Pilkada Kota Malang 2018

Pasangan SAE Siapkan Program Pelatihan Kerja untuk Disabilitas

24/04/2018 - 09:03 | Views: 1.53k
Sutiaji menunjukkan kontrak politik dengan WCC Dian Mutiara Malang. (FOTO: Dokumentasi SAE)

TIMESINDONESIA, MALANG – Pasangan Calon Wali Kota Malang nomor urut 3, Sutiaji-Sofyan Edi (SAE)  menjanjikan program pemberdayaan kaum disabilitas di Kota Malang.

Ini dilakukan karena kaum disabilitas masih belum mendapat perhatian dan penanganan yang baik dari pemerintah maupun masyarakat kota Malang. 

“Kota Malang sudah punya Perda Bangunan yang harus memfasilitasi disabilitas. Saya dari dulu sudah mengusulkan, ada kursi roda yang bisa naik tangga. Insya Allah kami pertimbangkan adanya Balai Latihan Kerja untuk kaum disabilitas,” tutur Sutiaji.

Hal ini disampaikan Sutiaji saat silaturahmi di Kantor WCC Dian Mutiara Malang, di Jalan Jombang, Minggu (22/4/2018) lalu.

Selain disabilitas, Sutiaji juga membahas masalah Perlindungan dan Penempatan Payung Hukum bagi Perempuan dan Anak, dan fasilitasi LSM di kota Malang. Saat ini, dua masalah di atas masih berupa wacana yang memerlukan aksi kongkret.

Dalam kaitannya dengan BPJS, Sutiaji berbicara mengenai pembayaran premi BPJS Kesehatan untuk kelompok miskin.

“Untuk BPJS kesehatan, sudah kami alokasikan kepada kementerian dalam negeri, yaitu BPJS Kesehatan kelas 3. Di kota Malang ada lebih 400  ribu orang yang belum mendapat BPJS,” ujar Sutiaji.

Dalam kunjungan ini Sutiaji dan WCC menandatangani Kontrak Politik apabila terpilih, paslon SAE akan melaksanakan janji kampanye dengan penuh tanggungjawab.

Sementara itu, Wahyu, Dosen Fakultas Hukum Universitas Brawijaya menyatakan, hak-hak penyandang disabilitas masih belum mendapatkan prioritas, termasuk untuk menerima layannan publik yang memadai.

Dalam layanan sosial seperti menggunakan kendaraan umum atau angkot, para penyandang disabilitas masih banyak mengalami kendala untuk naik maupun turun dari kendaraan. Fasilitas publik untuk kaum disabiitas masih belum tersedia.

Selain masalah disabilitas, Pasangan Calon Wali Kota Malang nomor urut 3, Sutiaji-Sofyan Edi (SAE) juga memiliki beberapa program pemberdayaan masyarakat yang  tertuang dalam program Tri Prasetya. (*)

Jurnalis: Imadudin Muhammad
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber :
Top

search Search