Ketahanan Informasi
Ketahanan Informasi Pendidikan
Ernst & Young (EY) Gelar Campus Journey
16-03-2018 - 15:42 | Views: 5.29k
Acara Campus Journey dari Ernst & Young (EY) di FEB UB (FOTO: ajp.TIMES Indonesia)
Acara Campus Journey dari Ernst & Young (EY) di FEB UB (FOTO: ajp.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Big 4 Accounting Firm Ernst & Young (EY) menggelar acara Campus Journey oleh salah satu, Kamis (15/03/2018). Acara yang bertempat aula gedung F lantai 7 FEB UB ini dihadiri oleh mahasiswa jurusan Akuntansi FEB UB, Ketua Jurusan Akuntansi, Kaprodi S1 Akuntansi, dan dosen-dosen Akuntansi FEB UB.

Sedangkan 6 orang yang hadir dari EY Indonesia, yaitu Koentjoro Nurwibowo (Director of Talent), Yasir (Partner of Assurance), Dudi M. Kurniawan (Partner of Assurance), Devan (Talent Team), Amel (Brand Communication and Marketing), dan Yosua (Talent Team).

FEB-UB-A.jpg

“Harapannya mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memperoleh pengetahuan tambahan, sehingga setelah lulus nanti, mahasiswa sudah memperoleh pemahaman tentang EY,” papar Ketua Jurusan Akuntansi FEB UB, Dr. Drs. Roekhudin , M.Si., Ak. 

Perusahaan yang menempati posisi ke 5 dalam kategori “The Best Place to Work Now” ini menyampaikan materi dengan sangat apik dan interaktif, tidak hanya menyampaikan secara lisan, namun EY juga membuat sesi games di sela-sela penyampaian materi dengan menggunakan Kahoot!, sehingga seluruh peserta sangat antusias dalam acara ini. 

Campus Journey ini terdiri dari empat sesi, diantaranya: sesi Opening speech, sesi EY overview dan video screening, sesi Career drives discussion dan sesi Campus hiring.

Dalam survei kecil-kecilan yang dilakukan melalui Kahoot!, ternyata pilihan mengenai tempat untuk bekerja terbanyak ada pada pilihan multinational company, dan EY adalah salah satu dari multinational company. 

EY kini telah tersebar di 150+ negara dengan 250.000+ karyawan, dan pendapatan $31,4b. Service yang ditawarkan oleh EY pun tidak hanya audit, tetapi Assurance, Tax, Transaction Advisory Services, dan juga Advisory. 

“Dari seluruh perusahaan yang terdaftar di BEI, yang diaudit oleh Big 4 Accounting Firm, 54% nya dilakukan oleh EY,”kata Devan dalam penyampaiannya. Hal ini membuktikan bahwa eksistensi dan reputasi EY di Indonesia tidak dapat diragukan lagi.

Acara campus journey ini mendapatkan antusiasme yang sangat tinggi dari pesertanya, terbukti dari banyaknya peserta yang bertanya saat sesi Yasir dan Dudi M. Kurniawan. Pertanyaannya pun beragam, mulai dari kemungkinan karyawan EY Indonesia yang dipindahcabangkan ke EY luar negeri. Hal-hal yang membedakan EY dengan Big 4 Accounting Firm yang lain, perbedaan advisory services dengan transaction advisory services. 

Tips untuk bertahan di EY, kualifikasi yang diperlukan untuk masuk EY, hal-hal yang perlu disiapkan oleh mahasiswa dari sekarang, sampai trik dan tips seleksi wawancara EY.

“Cari pekerjaan yang kamu senangi, yang bisa membuat kamu merasa enjoy menjalaninya, cari perusahaann yang memiliki reputasi bagus dan jenjang karirnya jelas,” papar Yasir saat menjawab salah satu pertanyaan dari peserta. 

Dr. Drs. Roekhudin , M.Si., Ak. juga sempat berpesan kepada mahasiswa, bahwa untuk bekerja di EY mahasiswa harus memiliki jiwa semangat dan menyukai tantangan. Selanjutnya acara diakhiri dengan sesi foto bersama. “Setelah mengikuti campus journey ini, saya jadi sangat ingin untuk berkarir di EY di bidang Assurance services,” kata Ayu Dwi, salah satu peserta dalam wawancara singkat.(*)

Pewarta
: Ninik (CR-093)
Editor
: AJP-5 Editor Team
Publisher
: Sholihin Nur
Follow Us!
Member Of