Ketahanan Informasi
Ketahanan Informasi Politik
Wujudkan Pilkada Damai, Pak De Karwo Gelar Rakor
20-03-2018 - 22:16 | Views: 4.84k
Gubernur Jawa Timur H Soekarwo mengundang tiga pilar (Pemda, Polro dan TNI) dalam rapat koordinasi mewujudkan Pilkada Damai di Grand City Convex Surabaya, Selasa (30/3/2018). (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Gubernur Jawa Timur H Soekarwo mengundang tiga pilar (Pemda, Polro dan TNI) dalam rapat koordinasi mewujudkan Pilkada Damai di Grand City Convex Surabaya, Selasa (30/3/2018). (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – PJS Walikota Malang Wahid Wahyudi jadir dalam rapat koordinasi mewujudkan Pilkada Damai di Grand City Convex Surabaya, Selasa (30/3/2018).

Rakor yang dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Timur H. Soearwo ini diikuti oleh tiga pilar yakni Pemda, TNI dan Polri.

Wahid Wahyudi bertekad akan menghantarkan Pilkada Jawa Timur dan pemilihan wali kota Malang dengan damai.

"Kami akan menghantarkan pilwakot Malang yang damai, demokratis berkualitas dan berjalan lancar. Poin poin penting rakor akan kita bumikan juga di Kota Malang," kata Wahid.

Rakor-Pakde-Karwo.jpg

Pada kesempatan itu Soekarwo mengampaikan poin penting agar pilkada Jawa Timur dapat berjalan dengan damai. Diantaranya menguatkan sendi ekonomi, meningkatkan kualitas SDM serta memerangi hoax.

"Pilkada jangan memproduce ragam ujaran kebencian, menghalalkan segala cara sehingga merusak sendi sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.  Tentu ini sangat kontraproduktif dari tujuan menggapai adil dan makmur dari makna Pilkada itu sendiri," tegas Soekarwo.  

Tahun 2018 di Jatim ada 18 kabupaten /kota dan 1 pilgub yang tergelar secara serentak. Disebutkan pula oleh Gubernur Jatim, untuk penyelenggaraan pilkada serentak di Jatim, ditargetkan 70 persen partisipatori dari jumlah pemilih sebanyak 30.385.986 jiwa. Jumlah itu mencakup 8.497 desa/kelurahan dan 666 kecamatan di 38 kota/kab di Jatim.

Rakor-Pakde-Karwo-2.jpg

Sedangkan catatan dari Pemprov Jatim di tahun 2015, partisipan hanya 64.01 persen. 

Rakor ditutup dengan penandatanganan komitmen dan pembacaan deklrasi damai yang dipandu langsung Gubernur Soekarwo. Poin dari deklarasi itu untuk mewujudkan pilkada jatim aman dan damai, melaksanakan pilkada yang demokratis dan sesuai peraturan hukum, menolak kampanye hitam dan politik uang, menolak hoax yang provakatif, isu SARA dan ujaran kebencian serta berpartisipasi aktif mewujudkan kamtibmas yang kondusif. (*)

Pewarta
: Joko Winahyu
Editor
: AJP-5 Editor Team
Publisher
: Rizal Dani
Follow Us!
Member Of