TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

Tanamkan Minat Baca Buku Sejak Dini, Bondowoso Gagas Gernasbuku

05/05/2018 - 16:06 | Views: 3.85k
Bupati Bondowoso saat membuka Gernasbuku. (FOTO: Sofy/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Dalam rangka menanamkan minat membaca buku pada anak, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso menggagas Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku (Gernasbuku). 

"Kita tahu bahwa minat baca buku di Indonesia masih sangat rendah. Untuk itu perlu didorong dan mulai dibiasakan sejak dini," tutur Bupati Bondowoso, Amin Said Husni, saat menghadiri peluncuran Gernasbuku, Sabtu (5/5/2018).

Ia mengatakan Gernasbuku hadir dan mewajibkan orang tua menjadi partner belajar dan membaca bagi anak. Pada anak usia dini lanjut Amin, pendidikan paling utama adalah keluarga dan orang tua menjadi tokoh sentral dan seorang guru utama. 

"Jadi pendidikan bagi anak itu tidak hanya di sekolah. Orang tua punya peranan penting dalam mendidik serta membiasakan baca buku pada anak," katanya. 

Bupati dua periode ini juga mendesak orang tua melakukan kontroling ketat pada penggunaan gadget. Ia menganjurkan agar orang tua lebih memilih buku sebagai media pembelajaran dibanding gadget.

"Memang teknologi tidak bisa dibendung. Karena itu orangtua harus membentengi dengan memantau konten apa yang sedang dilihat oleh anak. Karakter gemar membaca adalah hal utama yang harus ditanamkan kepada anak-anak," ucapnya. 

Sekitar 1000 anak yang didampingi orang tua dan tenaga pendidik hadir dalam Gernasbuku yang dilaksanakan di Alun-alun RBA Ki Ronggo, Kabupaten Bondowoso. (*)

Jurnalis: Aminatus Sofya
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber :
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search