Ketahanan Informasi
Ketahanan Informasi Ekonomi
Punya Ide Bisnis? Wujudkan Bersama Nescafe Kickstart 2018
23-03-2018 - 18:15 | Views: 9.71k
Acara Nescafe Kickstart bekerjasama dengan FEB UB (FOTO: ajp.TIMES Indonesia)
Acara Nescafe Kickstart bekerjasama dengan FEB UB (FOTO: ajp.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bagi masyarakat yang merayakan perubahan, disrupsi adalah masa depan. Namun, bagi mereka yang sudah nyaman dengan keadaan sekarang dan takut dengan perubahan, mereka akan berpikir bahwa ini adalah awal kepunahan. Pernyataan tersebut  diungkapan oleh Prof. Rhenald Kasali yang dibawakan Mas Hafiz Sofian Alfath saat mengisi acara Nescafe Kickstart 2018 di FEB UB, Kamis (22/3/2018).

Ia juga menambahkan bahwasanya perusahaan yang tidak mampu menghadapi perubahan, tidak akan dapat bertahan. CEO Calories ini membawakan topik “How to survive in disruption era” yang saat ini sedang dialami Indonesia. 

Ia menjelaskan disrupsi ialah perubahan yang fundamental. Dalam hal wirausaha, ini berkaitan erat dengan digitalisasi. Perubahan yang mendasar saat ini ialah evolusi teknologi yang mengubah hampir semua tatanan dalam berusaha.

FEB-UB.jpg

Selain itu, Nescafe Kickstart 2018 juga mengundang Faishal Arifin CEO Silver 999. Ia membagikan pengalamannya bahwa untuk mewujudkan sesuatu perlu mental yang kuat dan gigih. Ia sendiri pernah mencoba berjualan lalapan lele, pangsit, ayam bakar, beternak ayam, hingga berjualan kain batik sampai akhirnya menjajal bisnis perhiasan. 

Kunci kesuksesan menurut Faishal ialah tetap semangat dan memiliki tekad yg kuat. “Agar memiliki tekad yang kuat, lakukanlah hal yang sesuai dengan passionmu,” tambahnya.

Vetways Team yang merupakan pemenang Nescafe Kickstart 2017 turut hadir memeriahkan acara. Mereka juga memaparkan tahap yang dilewati sebelum menjadi sekarang ini. 

Banyak fasilitas yang ditawarkan oleh Nescafe hingga dapat mewujudkan ide mereka menjadi nyata antara lain, mengikuti karantina dan mempertemukan mereka dengan mentor yang sudah berpengalaman di bidangnya. Diawali dengan keresahan mereka sebagai mahasiswa FKH akan cepatnya penularan virus unggas, mereka pun membuat aplikasi Vetways.

FEB-UB-B.jpg

Vetways ialah aplikasi yang mempertemukan para peternak dengan dokter hewan dan juga menyediakan beberapa tips untuk para peternak sehingga peternak yang tidak memiliki akses langsung dengan pakar hewan dan dapat melakukan pembelajaran melalui aplikasi ini.

Dan yang terakhir ialah Angga Erlando sebagai peraih medali emas PIMNAS XXVI dan Mawapres FEB UB tahun 2013 yang saat ini juga merupakan salah satu dosen di FEB UB. “Ide dapat terwujud dari keresahan dan tren,” ujarnya. 

Keresahan terhadap masalah dapat mendorong kita memunculkan ide sebagai solusinya yang dapat dikembangkan menjadi ide bisnis. Selain itu, dengan mengikuti pola tren yang berlaku, kita juga dapat memunculkan ide yang sesuai dengan selera masyarakat.

Ide bisnis dapat didaftarkan dalam Nescafe Kickstart 2018 hingga 08 April 2018.(*)

Pewarta
: Agus Widyatama (CR-093)
Editor
: AJP-5 Editor Team
Publisher
: Sholihin Nur
Follow Us!
Member Of