TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi

Diskominfo Kota Pasuruan Gelar Pelatihan Digitalisasi Data

28/03/2018 - 14:42 | Views: 3.10k
Pelatihan Digitalisasi Data di Ruang Untung Suropati, Sekretariat Daerah Kota Pasuruan. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PASURUAN – Sebanyak 41 peserta admin dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, mengikuti kegiatan fasilitasi pengumpulan dan pengolahan data elektronik yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Pasuruan pada hari Rabu (28/3/2018) di Ruang Untung Suropati, Sekretariat Daerah Kota Pasuruan.

Kegiatan tersebut di buka secara resmi oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Pasuruan Drs. Setyo Hadi, dan didampingi oleh Kepala Bidang E-Government.

Lebih lanjut, Drs. Setyo Hadi menjelaskan bahwa berdasarkan evaluasi dari KPK RI untuk Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Pasuruan, terkait rencana aksi sudah sesuai dan riil, untuk Master Plan, Road Map serta Peraturan Walikota (Perwali) sudah dibuat dan selesai, selanjutnya akan ada sosialisasi.

Pelatihan-Digitalisasi-Data-pasuruan.jpg

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pedoman Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, diharapkan kepada seluruh Pemerintahan untuk mendata serta mengaudit selanjutnya ada audit internal, karena kemampuan setiap daerah berbeda dan bervariasi termasuk Kota Pasuruan. 

"Diharapkan untuk admin, dalam rangka pengumpulan data elektronik harus membuat satu sistem website karena sejalan dengan kegiatan Kementerian PAN-RB RI. Mari kita rubah pola pikir kita untuk lebih maju terkait perkembangan Teknologi Informasi yang selama ini maju pesat dan tidak bisa kita bendung, oleh karena itu diharapkan kepada seluruh admin untuk serius memanfaatkan sebaik-baiknya pelatihan ini, karena merupakan kebutuhan dan tidak bisa berdiri sendiri serta saling terkait.

Pelatihan-Digitalisasi.jpg

Pemerintah Daerah merupakan sistem, tidak ada ego sektoral, untuk itu diharapkan ada koordinasi dan konsultasi di semua lini. Dan untuk admin tidak boleh berganti-ganti karena pelatihan ini kedepan akan ada kelanjutannya," terang Drs. Setyo Hadi kepada para peserta pelatihan.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk membuat satu sistem website sedangkan tujuannya adalah untuk mengumpulkan aspirasi dari OPD terkait kebutuhan fitur yang diinginkan untuk website instansi.

Karena masukan dari admin berguna untuk pengembangan sistem yang akan dilakukan pada bulan April 2018. Dari kegiatan ini akan ada kegiatan lanjutan berupa pelatihan website setelah sistem website sudah dibuat. (*)

Penulis: Kominfo Paskot (CR-095)
Editor : AJP-8 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber :
Top

search Search