TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi

Sosialisasi Fasilitasi Tim PAKEM

04/04/2018 - 10:33 | Views: 5.56k
Kegiatan fasilitasi tim PAKEM (Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat) yang diselenggarakan di Gedung Pertemuan Rumah Makan Gedoeng Woloe Kota Pasuruan. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PASURUANPemerintah Kota Pasuruan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Pasuruan melaksanakan kegiatan fasilitasi tim PAKEM (Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat) yang diselenggarakan pada hari Selasa (3/4/2018) di Gedung Pertemuan Rumah Makan Gedoeng Woloe Kota Pasuruan.

Sebab harus kita sadari bahwa di tengah-tengah masyarakat tumbuh dan hadir beberapa organisasi keagamaaan penganut aliran kepercayaan, hal ini merupakan menifestasi dari dinamika kehidupan untuk merefleksi dan aktualisasi diri.

Namun aliran kepercayaan yang ada di Kota Pasuruan tidaklah signifikan mengganggu stabilitas wilayah, dikarenakan adanya bentuk partisipasi aktif masyarakat untuk mengawasi setiap gerak dan perilaku dari para penganut aliran kepercayaan yang ada.  

Sosialisasi-Fasilitasi.jpg

Sampai dengan saat ini di Kota Pasuruan yang terdata, terdapat beberapa aliran kepercayaan antara lain kawruh batin tulis tanpa papan kasunyatan, sapto darmo, ilmu sejati, sangkan paran budi luhur serta paguyuban ngesti tunggal. 

Nah, seiring dengan dinamika kehidupan, tidak menutup kemungkinan telah lahir aliran yang lain di masyarakat, baik yang bersifat aliran yang berlatar belakang budaya atau yang mengatasnamakan agama.

Sehingga dilaksanakanlah kegiatan fasilitasi tim pengawasan aliran kepercayaan, dengan maksud mengoptimalkan peran masyarakat untuk memelihara toleransi serta pengawasan guna menciptakan ketentraman dan ketertiban bagi masyarakat.

Dengan tujuan untuk mengantisipasi terjadinya penyelewengan aliran kepercayaan di masyarakat guna menjaga stabilitas wilayah Kota Pasuruan. Kegiatan tersebut secara resmi di buka oleh Walikota Pasuruan dan dihadiri oleh Asisten, Kepala OPD terkait, Camat, Lurah Se-Kota Pasuruan, para narasumber, dan para peserta.

Sosialisasi-Fasilitasi-3.jpg

Sedangkan narasumber dalam kegiatan itu yaitu Walikota Pasuruan, Kejaksaan Negeri Kota Pasuruan serta Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Pasuruan.  Drs. H. Mas Djoko Baroto, M.Si.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Pasuruan Drs. H. Setiyono, M.Si mengharapkan kepada dinas terkait untuk saling berkoordinasi dengan pusat, terkait jumlah aliran kepercayaan.

"Dengan kegiatan ini, mudah-mudahan bisa menambah bekal ilmu sehingga bisa membantu Pemerintah Kota Pasuruan dalam menciptakan lingkungan/suasana aman dan kondusif. Untuk itu diharapkan kepada tokoh-tokoh lintas agama untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam menciptakan kerukunan antar umat beragama dengan baik di Kota Pasuruan sehingga apa yang diharapkan atau diinginkan masyakarat bisa terwujud dengan baik untuk bersama-sama membangun Kota Pasuruan yang lebih sejahtera," terang Walikota Setiyono dalam sambutannya. (*)

Penulis: Kominfo Paskot (CR-095)
Editor : AJP-8 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber :
Top

search Search