TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa
Pilgub Jatim 2018

KPU Kota Batu Uji Coba Situng

28/05/2018 - 18:43 | Views: 1.82k
Komisioner KPU Kota Batu, Erfanudin (berdiri) saat melihat uji coba situng, Senin (28/5/2018) di sekretariat KPU Kota Batu. (FOTO: Ferry/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATUKPU Kota Batu melakukan uji coba sistem penghitungan suara (Situng) berbasis daring (online) dan luring (offline) untuk Pilgub Jatim 2018.

Komisioner KPU Kota Batu, Erfanudin mengatakan, uji coba dilakukan di tujuh desa/kelurahan yang tersebar di 3 (tiga) kecamatan, yaitu Bumiaji, Batu, dan Junrejo.

Dari masing-masing desa/kelurahan tersebut, lanjutnya, diambil 5 (lima) tempat pemungutan suara (TPS).

Dia menjelaskan, untuk versi online, uji coba dilakukan dengan mengirimkan hasil perhitungan di KPPS atau form C-1 dengan dipindai (scanning) dan dikirim ke server KPU pusat.

Erfan menuturkan, uji coba untuk mengetahui kendala terkait kemampuan server dalam menerima data yang dikirim.

"Kendalanya apakah server ini mampu memadai karena skalanya nasional, digunakan secara serentak," ujarnya kepada TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), Senin (28/5/2018) di kantor KPU Kota Batu.

Berdasar pengalaman sebelumnya, kemampuan penerimaan cenderung lambat. Hal ini terjadi saat data yang dikirim dari daerah, terjadi pada waktu relatif bersamaan.

Selain itu, lanjutnya, kendala di internal akibat jaringan internet yang tidak stabil atau naik turun, sehingga mempengaruhi kecepatan pengiriman.

"Kalau dari sistem aplikasinya sudah tidak ada masalah," imbuhnya.

Sedangkan penghitungan suara berbasis offline. Setelah selesai penghitungan (input data secara offline), baru dikirimkan ke KPU pusat secara online.

"Penghitungan yang basisnya offline, baru setelahnya dikirim ke KPU pusat. Dicocokkan apakah sama dengan form C-1 yang dipindai secara online, " terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan, fungsi penghitungan secara offline menjadi kontrol. Ketika terdapat kesalahan data pada form C-1, kata dia, bisa dibetulkan saat rekapitulasi data di tingkat kecamatan (PPK).

Dia menambahkan, situng yang sudah ada sejak beberapa dekade, terus dimutakhirkan. Uji coba situng Pilgub Jatim 2018 di KPU Kota Batu dilakukan hari ini saja. (*)

Jurnalis: Ferry Agusta Satrio
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber :
Top

search Search