Peristiwa - Daerah
Sempat Erupsi, PVMBG Masih Evaluasi Penurunan Status Siaga ke Waspada
16-04-2018 - 16:16 | Views: 3.69k
Kondisi Gunug Agung saat ini yang terletak di Kabupaten Karangasem, Bali. Senin (16/4/2018).(FOTO: Istimewa)
Kondisi Gunug Agung saat ini yang terletak di Kabupaten Karangasem, Bali. Senin (16/4/2018).(FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) berencana akan segera menurunkan status Gunung Agung dari Siaga (Level III) menjadi Waspada (Level II) meski telah terjadi dua kali erupsi dalam pekan ini. 

Erupsi pada hari Minggu (15/4/2018) kemarin, sekitar pukul 15:03 WITA, ketinggian kolom abunya  mencapai 500 meter dari puncak Gunung Agung. Sedangkan pada Rabu (11/4/2018) lalu, erupsi juga terjadi dengan kolom abu hampir sama dengan erupsi Minggu kemarin. 

Kepala Bidang Mitigasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Gede Suantika saat di konfirmasi pada Senin (16/4/2018) sore, mengatakan rencana penurunan status dari Siaga ke Waspada memang direncanakan namun masih dalam tahap evaluasi. 

" Iya ada penurunan status Siaga ke Waspada. Tapi masih dievaluasi dulu, tunggu aja dulu suratnya," ucapnya. 

Menurut Suastika, rencana penurunan status itu juga didasarkan atas data-data instrumen yang ada, bahwa Gunung Agung mulai menunjukan tingkat penurunan. 

"Jadi menunggu letusan besar itu belum ada, dan data-data instrumen kita juga menunjukan penurunan. Iya hanya hembusan kecil saja, karena ancaman (erupsi) hanya di dalam radius kawah saja," tutupnya. 

Dari data PVMBG, kondisi Gunung Agung saat ini, Senin (16/4/2018) mulai dari pukul 06:00 sampai 12:00 Wita masih berjalan normal.

Dari perkiraan meteorologi, cuaca masih cerah dan berawan. Sedangkan, angin bertiup lemah ke arah barat. Suhu udara 21-32 °C dan kelembaban udara 61-87 %. Secara visual, Gunung Agung terlihat jelas dan asap kawah tidak teramati. (*)

Pewarta
: Muhammad Khadafi
Editor
: Faizal R Arief
Publisher
: Rochmat Shobirin
Sumber
: TIMES Bali
Follow Us!
Member Of