Peristiwa - Daerah
Jelang UN, Civitas Akademik SD Berlian Gresik Tandatangani Komitmen Jujur
16-04-2018 - 19:16 | Views: 3.70k
Kepala SD Muhammadiyah 2 GKB, Gresik, saat membacakan isi komitmen jujur yang sudah ditandatangani oleh perwakilan guru, siswa dan kepala sekolah (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)
Kepala SD Muhammadiyah 2 GKB, Gresik, saat membacakan isi komitmen jujur yang sudah ditandatangani oleh perwakilan guru, siswa dan kepala sekolah (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjelang Ujian Nasional (UN) tingkat SD/MI, siswa kelas enam SD Muhammadiyah 2 GKB (SD Berlian), Gresik, Jawa Timur, menandatangani komitmen jujur dalam melaksanakan ujian.

Tak hanya siswa, penandatanganan komitmen jujur itu dilakukan oleh seluruh komponen civitas akademik mulai dari kepala sekolah, guru dan wali kelas. 

Penandatanganan juga dilakukan siswa, guru pendamping dan tujuh wali siswa di atas spanduk berukuran 6 x 1 meter.

Kegiatan bertajuk 'Gerakan Komitmen Ujian Jujur’ (GKUJ) itu dilakukan untuk melatih siswa agar bersikap jujur dalam melaksanakan ujian sekolah. 

Setelah penandatanganan komitmen bersama, Kepala SD Muhammadiyah 2 GKB, Nor Qomari lalu membacakan isi komitmen tersebut dan disimak dengan hikmat oleh seluruh siswa, wali siswa dan guru.

Komitmen-Jujur-2.jpg

"Komitmen kejujuran tidak hanya sebagai awal melakukan kejujuran, akan tetapi komitmen ini menjadi lebih memantapkan sifat kejujuran yang ada pada diri siswa," katanya kepada TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), Senin (16/4/2018). 

Salah satu siswi, Faya Najwatus Silma mengatakan, komitmen yang dilakukan tersebut sebagai wujud dari sikap jujur yang selama ini dibiasakan di sekolah. 

Dia membeberkan, kejujuran dimulai dari diri sendiri. Melalui komitmen yang telah ditandatangani ini, dirinya berharap, nantinya siswa-siswi SD Berlian dapat melaksanakan ujian dengan jujur. 

“Dengan adanya penandatanganan yang dilakukan SD Berlian, ini sebagai komitmen kejujuran yang akan memperkuat niat dan senantiasa berbuat dan berkata jujur dalam melaksanakan UN,” pungkasnya. (*)

Pewarta
: Akmalul Azmi
Editor
: Faizal R Arief
Publisher
: Rizal Dani
Sumber
: TIMES Gresik
Follow Us!
Member Of