TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Tips Mudik dengan Pesawat Agar Tak Ketinggalan Pesawat

07/06/2018 - 06:05 | Views: 3.37k
ILUSTRASI Pesawat Terbang. (FOTO: Blog Reservasi)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Angkutan udara menjadi pilihan mudik Lebaran karena dinilai lebih cepat dan nyaman. Memang, dalam hitungan jam, Anda sudah tiba di tempat tujuan yang cukup jauh, bahkan dari luar negeri. Meski demikian, banyak kejadian penumpang tertinggal pesawat saat mudik dengan pesawat lantaran tidak cermat menghitung waktu perjalanan dari rumah ke bandara.

Saat mudik situasi bandara tentu bakal lebih ramai dan sibuk. Penumpang juga umumnya membawa lebih banyak bagasi yang tentu akan memperlama antrean. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, berikut tips yang bisa Anda lakukan, seperti dilansir dari infomudik.go.id.

1. Hitung cermat jarak dan lama waktu perjalanan dari rumah ke bandara

Anda perlu tahu jam keberangkatan pesawat, lama waktu check-in, perkiraan antrean pemeriksaan bagasi, dan jarak ke gate (gerbang).

2. Perhatikan Waktu Check-in

Maskapai udara mensyaratkan dua jam sebelum keberangkatan Anda harus sudah melakukan check-in. Itu artinya jika pesawat dijadwalkan terbang pukul 09.00, Anda harus sudah tiba di konter check-in pukup 07.00.

3. Perhitungkan Waktu Pemeriksaan di Bandara

Pada beberapa bandara utama semisal Soekarno Hatta, di terminal 3, jarak dari pemeriksaan x-ray sampai gerbang terjauh butuh waktu sekitar 14 menit dengan berjalan kaki. Perhitungkan waktu agar tepat waktu sampai di gerbang masuk pesawat.

4. Siapkan Tiket dan Kartu Identitas

Siapkan tiket pesawat dan kartu identitas sejak dari rumah dan tempatkan dalam dompet atau tas yang mudah dijangkau. Hal ini bisa mempercepat pemeriksaan.

Itulah empat tips mudik Lebaran agar terhindar dari tertinggal pesawat. Yuk, perhitungkan waktu yang tepat agar mudik dengan pesawat bisa lancar dan nyaman. (*)

Jurnalis:
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Tria Adha
Sumber :
Top

search Search