Peristiwa - Daerah
Daerah Pemilihan di Jember Alami Perubahan
16-04-2018 - 20:05 | Views: 3.79k
Komisioner KPU Jember Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Ahmad Hanafi (FOTO: Dok TIMES Indonesia)
Komisioner KPU Jember Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Ahmad Hanafi (FOTO: Dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jelang kontestasi politik legislatif DPRD Kabupaten Jember pada tahun 2019 mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember melakukan penambahan dan pengurangan kursi daerah pemilihan (Dapil).

Daerah Pemilihan (Dapil) legislatif untuk DPRD Kabupaten Jember yang mengalami perubahan, yakni di Dapil 1. Jumlah kursi anggota DPRD Kabupaten Jember untuk Dapil 1 dalam pemilu 2019 mendatang, dipastikan berkurang satu kursi. 

Komisioner KPU Jember Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Ahmad Hanafi mengatakan perubahan atau pergeseran jumlah kursi di perlemen yang berubah tersebut karena hasil perhitungan rasio jumlah penduduk sesuai data agregat kependudukan per kecamatan terbaru dari Kemendagri.

"Dapil 1 akan berkurang kursinya, semua hasil dari proses perhitungan jumlah penduduknya," ujarnya saat ditemui TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id) di kantornya, Senin (16/4/2018).

Berdasarkan data pemilu 2014 yang lalu, Hanafi menjelaskan Dapil 1 mendapatkan jatah 9 kursi di parlemen, akhirnya harus berkurang satu menjadi 8 kursi pada pemilu 2019. Sementara Dapil 2 yang awalnya mendapatkan jatah 6 kursi kini bertambah menjadi 7 kursi di parlemen.

"Kursi di Dapil dipindahkan ke Dapil 2," jelasnya.

Hanafi menerangkan, sebelumnya KPU Kabupaten Jember mengusulkan beberapa perubahan kepada KPU Pusat diantaranya perubahan penyebaran Kecamatan di Dapil 1 dan 2 yang otomatis juga akan terjadi pergeseran alokasi jumlah kursi.

"Namun setelah dilakukan perhitungan ulang, oleh KPU RI berdasarkan data penduduk dari Kemendagri. Ternyata hanya jumlah alokasi kursi Dapil 1 dan 2 saja yang mengalami pergeseran tanpa ada perubahan Kecamatan di tiap-tiap Dapil," tutupnya. (*)

Pewarta
: Angga Juli Setiawan
Editor
: Faizal R Arief
Publisher
: Rizal Dani
Sumber
: TIMES Jember
Follow Us!
Member Of