Kesehatan
5 Buah-buahan Ini Memiliki Kandungan Gula Tinggi
17-04-2018 - 03:31 | Views: 3.36k
Makan buah. (FOTO: kikidahlke.com)
Makan buah. (FOTO: kikidahlke.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Buah yang manis masih menjadi favorit banyak orang jika dibandingkan buah yang asam. Meski sama-sama manis, kandungan gula pada buah tentu berbeda-beda. Ada buah yang mengandung gula tinggi, ada yang rendah. Lalu apa saja buah yang memiliki kandungan gula tinggi?

Kathleen Zelman, pakar kesehatan dan dietitian, menyebutkan lima jenis buah yang kandungan gulanya paling tinggi. Berikut ulasannya dilansir dari Dokter Sehat.

1. Mangga
Buah mangga yang matang sempurna tentu rasanya menjadi sangat manis. Dalam satu buah mangga ukuran sedang kita bisa memperoleh 45 gram kandungan gula buah. Angka ini tentu termasuk tinggi bahkan hampir mencukupi kebutuhan gula harian tubuh.

2. Anggur
Dalam satu porsi buah anggur, yang setara dengan 8-13 buah anggur, terdapat 23 gram gula. Angka ini termasuk tinggi mengingat ukuran anggur yang cukup kecil dan umumnya kita mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup banyak.

3. Ceri
Kita sering menggunakan buah ceri sebagai garnish di minuman atau topping roti ya. Dalam 10-12 buah ceri ternyata terdapat kandungan gula yang cukup tinggi yaitu 18 gram.

4. Buah Pir
Buah ini termasuk yang paling mudah kita peroleh di pasaran. Namun ternyata satu buah pir memiliki 17 gram gula. Angka ini termasuk cukup tinggi jika dibandingkan buah lain sejenis pir misalnya apel.

5. Semangka
Mengonsumsi semangka di siang hari yang panas tentu sangat menyegarkan. Namun konsumsinya jangan berlebihan ya. Satu potong semangka ukuran sedang memiliki kandungan gula yang sama dengan satu buah pir yaitu 17 gram.

Lima buah di atas memang memiliki rasa yang manis. Jika Anda sudah mengonsumsi salah satu buah di atas, maka imbangi kebutuhan buah harian dengan jenis buah lain yang rendah gula misalnya apel atau jambu kristal, ya. Meski buah menyehatkan, tapi makan buah yang memiliki kandungan gula tinggi terlalu banyak bisa berdampak buruk untuk kesehatan. (*)

Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Rizal Dani
Follow Us!
Member Of