TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Pendidikan

Mahasiswa UM Ciptakan Sepatu Penghasil Listrik untuk Gadget

08/06/2018 - 11:48 | Views: 13.62k
Tim IOS Pelita Energi Muhammad Fauzi Al-asy’ari dan Maqhrisa Rusma (Pendidikan Teknik Elektro) serta Ahmad Salahudin (Desain Komunikasi Visual). (FOTO: Tim IOS Pelita Energi)

TIMESINDONESIA, MALANG – Momen mendaki gunung atau berlibur di alam bebas tentu tak lengkap jika tidak didokumentasikan dengan gadget, kamera digital, bahkan drone.

Yang menjadi masalah adalah, saat tidak ada energi listrik sebagai pensuplai daya pada gadget, kamera, dan drone sehingga momen mendaki gunung atau berlibur tidak bisa diabadikan. 

Tapi itu cerita masa lalu. Saat ini, mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang tergabung dalam TIM IOS Pelita Energi berhasil menciptakan alat penghasil listrik portabel yang tidak merepotkan.

Tim-IOS-Pelita-Energi-um.jpg

Tim ini beranggotakan Muhammad Fauzi Al-asy’ari dan Maqhrisa Rusma (Pendidikan Teknik Elektro) serta Ahmad Salahudin (Desain Komunikasi Visual). 

Yang unik, pendaki tak perlu repot membawa alat ini. Ini karena alat IOS Pelita Energi ini mirip sol sepatu dan ditempatkan di dalam sepatu. Asyiknya lagi, alat ini bisa digunakan di sepatu manapun. 

Sol sepatu ini mengubah tekanan saat pendaki atau pemakainya melangkah menjadi energi listrik. Ini bisa dilakukan berkat sensor piezoelektrik yang ada di sol sepatu.

Energi listrik ini kemudian disimpan pada power bank yang sudah menjadi satu kesatuan dengan box IOS Pelita Energi. 

Tim-IOS-Pelita-Energi-um-mlg.jpg

Keunggulan alat ini tidak tergantung pada keadaan cuaca, baik saat cuaca cerah maupun saat cuaca sedang hujan serta dapat digunakan kapan pun dan dimana pun. Selain itu alat ini merupakan alat yang bebas polusi dan ramah lingkungan. 

Alat IOS Pelita Energi ini lolos pendanaan PKM 2018 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

TIM IOS Pelita Energi berharap, alat ini bisa diproduksi massal untuk dapat segera digunakan oleh banyak pendaki khususnya. (*)

Jurnalis:
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber :
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search