TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi
Ketahanan Informasi Pendidikan

Alumni LPDP Motivasi Siswa SMA agar Tak Takut Bermimpi

20/04/2018 - 13:11 | Views: 9.32k
Alumni penerima beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) memberikan motivasi pada siswa SMA agar tak takut bermimpi dalam menhejar cita-cita, Kamis (19/4/2018). (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – 27 ribu siswa SMA dari 26 provinsi seluruh Indonesia mengikuti Massive Action yang digelar Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Kamis (19/4/2018). 

Acara yang bertema "Toreh Cita Seribu Anak Bangsa” ini dilaksanakan di 190 sekolah menengah atas (SMA) dan melibatkan lebih dari 1.000 alumni penerima beasiswa LPDP yang siap terjun menyapa para siswa.

26 provinsi yang dikunjungi para alumni LPDP antara lain Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Riau, Jambi, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Yogyakarta, Jakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, dan Papua.

Dalam Massive Action, para alumni yang baru saja menyelesaikan studi baik di dalam maupun luar negeri itu bertugas menginspirasi agar siswa berani bermimpi setinggi-tingginya. 

“Alumni-alumni akan berbagi cerita tentang perjuangan mereka menggapai mimpi dan membantu siswa-siswi SMA dalam merencanakan impian mereka,” ujar Ketua Acara Massive Action, Surya Asra.

Tak sekadar bercerita di depan kelas, alumni LPDP juga mendorong adik-adik SMA agar membuat “Seribu Peta Mimpi” yang berisikan rencana jangka pendek, menengah, dan jangka panjang mereka. 

“Harapannya, kelak peta itu menjadi pengingat mereka untuk bertekad kuat mewujudkan mimpi  meneruskan sampai pendidikan tinggi,” tambah Surya.

Kegiatan Massive Action melibatkan Mata Garuda sebagai wadah alumni penerima beasiswa LPDP agar bersinergi mengabdi kepada Indonesia. Kerjasama yang solid antara Mata Garuda Pusat dan Mata Garuda Daerah menjadi wujud solidaritas dalam mensukseskan Massive Action 2018 ini. 

Selain Massive Action, ada pula kegiatan pengabdian masyarakat dari para alumni LPDP berupaTargeted Action. Targeted Action ialah proyek jangka panjang yang dirancang dan diselesaikan oleh alumni dalam kurun waktu satu tahun. 

“Targeted Action ini tujuannya untuk memecahkan permasalahan-permasalahan masyarakat dari berbagai pelosok di Indonesia,” tutur dia.

Diketahui Massive Action dan Targeted Action merupakan salah satu rangkaian dari puncak agenda rutin tahunan bertajuk Welcoming Alumni 2018.  

Pesta yang akan dihadiri oleh tokoh nasional ini akan menjadi penyambutan para alumni yang baru saja kembali ke tanah air dan daerah asalnya masing-masing, sekaligus momentum berakhirnya masa studi.(*)

Penulis: Cahya (CR)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rizal Dani
Sumber :
Top

search Search