TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Politik
Pilkada Kabupaten Probolinggo 2018

Paslon HATI Tak Ikut Debat Publik, Ini Respon KPU Probolinggo

20/06/2018 - 23:05 | Views: 11.65k
Debat publik Pilkada Kabupaten Probolinggo (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Pasangan calon Hj. P. Tantriana Sari-Timbul Prihanjoko (Paslon HATI) di Pilkada Kabupaten Probolinggo, menyatakan tak akan ikut debat publik kedua jika KPU Probolinggo tetap menggelar acara tersebut di Surabaya, pada Jumat (22/6/2018) malam nanti.

Tapi sikap tersebut dianggap 'gertakan' belaka oleh KPU kabupaten setempat. KPU yakin, Paslon inkumben tersebut tetap akan mengikuti debat publik, meski tak dilaksanakan di Kabupaten Probolinggo seperti permintaan Paslon HATI. 

Keyakinan itu didasarkan pada sikap serupa Paslon ini, sebelum debat pertama, 16 April lalu. Tapi pada akhirnya, Paslon yang diusung NasDem, PDIP, Golkar, PPP dan Gerindra ini ikut debat publik pertama di Surabaya. 

"Seperti kemarin (debat pertama, Red). Katanya tidak mau hadir, tapi ternyata hadir," kata Ketua KPU Kabupaten Probolinggo, M. Zubaidi, Rabu (20/6/2018) malam.

Karena itu, Zubaidi optimistis Paslon nomor urut 1 ini akan tetap hadir dan ikut debat. "Sebelum (pernyataan sikap tersebut, Red) menjadi kenyataan, saya optimis. Apalagi belum ada surat juga," katanya. 

Berita sebelumnya, tim Paslon HATI sepakat untuk tidak hadir di debat publik kedua Pilkada Kabupaten Probolinggo 2018 jika dilaksanakan di luar kota. Rencananya, debat ini akan digelar di Surabaya.

Hal ini diungkapkan Hasan Aminuddin, Penasehat Timses HATI, sekaligus Mustasyar PCNU Kabupaten Probolinggo dan Kota Kraksaan, saat menggelar pertemuan dengan awak media, Rabu (20/6/2018).

BACA JUGA: Tim HATI Tak Ikuti Debat di Surabaya, Ini Alasannya

Meski Paslon HATI menolak hadir, namun KPU Probolinggo tetap menyatakan bahwa penentuan tempat debat publik Pilkada Kabupaten Probolinggo sudah final berdasarkan keputusan pleno pada Kamis (14/6/2018). Serta atas rekomendasi Polres setempat. (*)

Jurnalis: Muhammad Iqbal
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Probolinggo
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search