TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah
Hari Disabilitas International

Hak Ketenagakerjaan Kaum Disabilitas Jadi Sorotan ALSA Unsoed Purwokerto

04/12/2017 - 19:11 | Views: 5.10k
Pengurus dan aktivis Alsa Clcc Unsoed Purwokerto foto bersama usai kegiatan di Alun-Alun Purwokerto (FOTO: Sinnangga Angga/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – Hak ketenagakerjaan kaum disabilitas menjadi tema besar Asian Law Students Association (ALSA) Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto. Hal ini mencuat dalam peringatan Hari Disabilitas International (HDI) tahun 2017 yang digelar di Alun-Alun Purwokerto, Jawa Tengah, Minggu (3/12/2017) kemarin.

Koordinator kegiatan, Angga (22), mengatakan program kerja Alsa Care and Legal Coaching Clinic Unsoed Purwokerto tahun 2017 ini pada hak ketenagakerjan kaum disabiltas yang masih kurang diperhatikan.

“Dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan, tenagakerja disabilitas memiliki satu ruang dari seratus tenaga kerja normal. Tapi yang terjadi hingga saat ini masih banyak perusahaan yang memandang sebelah mata terhadap kaum difabel,” katanya, Senin (4/12/2017).

Pada momen peringatan Hari Disabilitas International tahun ini, perusahaan-perusahaan di tanah air, diharapkan mulai terbuka untuk menerima kaum difabel sebagai bagian dari tenaga kerja yang dipekerjakan.

BACA JUGA : ALSA Unsoed Purwokerto Kampanyekan Hak-Hak Disabilitas

“Tanpa undang-undangpun kaum difabel sesungguhnya memiliki hak yang sama, hak mendapatkan pelayanan yang sama. Baik pendidikan maupun pekerjaan,” tegasnya.

Dalam acara tersebut, Alsa Clcc Unsoed Purwokerto mengandeng Sekolah Luar Biasa (SLB) B Yayasan Kesejahteraan Usaha Tama (Yakut) Purwokerto, untuk mengisi berbagai petunjukan secara terbuka di Alun-Alun Purwokerto.

Humas acara, Annisa (19), mengatakan sejumlah anak didik SLB B Yakut dilibatkan untuk menunjukan kebolehan di depan umum, diantaranya menampilkan senam, dance dan musik kenthongan.

“Kami ingin tunjukan kepada khalayak, bahwa kaum difabel juga memiliki kelebihan yang layak dihargai. Buktinya penampilan mereka bagus,” katanya.

Selain itu, acara juga dimeriahkan dengan penampilan sejumlah grup band yang manggung secara akustik, diantaranya Justitia Band FH Unsoed.

Dalam acara ini, panitia juga mengadakan pelayanan kesehatan bagi masyarakat umum yang hadir di alun-alun Purwokerto, seperti cek tekanan darah gratis oleh CIMSA Fakultas Kedokteran.(*)

Jurnalis: Sinnangga Angga
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber :
Copyright © 2017 TIMES Indonesia
Top

search Search