TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

Aksi Bela Palestina di Purbalingga Kumpulkan Donasi Rp 40 Juta

15/12/2017 - 19:46 | Views: 7.64k
Aksi Bela Palestina dan Donasi Kemanusiaan di Alun-Alun Purbalingga, Jawa Tengah pada hari Jumat (15/12/2017) (Foto: Edi Siswanto/Purbalingga TIMES)

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – Aksi Bela Palestina dan Donasi Kemanusiaan oleh Aliansi Umat Islam Purbalingga, berhasil mengumpulkan dana kemanusiaan untuk Palestina sebesar Rp 40 juta.

Aksi Bela Palestina dan Aksi Kemanusiaan di Alun-Alun Purbalingga, Jawa Tengah, Jumat (15/12/2017) ini berjalan tertib.

Penanggungjawab wilayah Jawa Tengah Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP), Taryudi Kasimun, mengatakan dana Rp 40 juta akan disalurkan langsung kepada rakyat Palestina.

“Dana tersebut akan kita salurkan melalui KNRP, kita gabungkan dengan seluruh donasi-donasi rakyat Indonesia yang ada ini. Nanti kita kumpulkan dan akan kita serahkan langsung kepada rakyat Palestina di Palestina, insyaallah,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan tersebut digelar dalam rangka untuk membantu dan menunjukan bahwa rakyat Indonesia memiliki solidaritas terhadap perjuangan yang mereka lakukan sekarang.

“Kedua, kita ingin memberikan dukungan moril dan juga dukungan matriil kepada saudara-saudara kita di Palestina. Kemudian yang ketiga, kita ingin memberikan kecaman kepada presiden Donald Trump Amerika yang telah melakukan tindakan arogan, dengan menjadikan Al Quds itu sebagai ibukota Israel,” kata Taryudi.

Selain itu, pesan dari aksi ini, lanjutnya, adalah bahwa masyarakat di Purbalingga menyadari bahwa di belahan bumi yang lain itu masih ada manusia-manusia yang terjajah.

“Dan kewajiban kita secara konstitusi untuk membantu dan memperjuangkan kemerdekaan mereka. Dan kita menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada pemerintah Indonesia, yang sampai saat ini berjuang luar biasa untuk merealisasikan hal itu,” terangnya.

Ia juga mengatakan, dalam aksi tersebut diikuti oleh perwakilan Muhammadiyah, NU, Pemuda Pancasila, PKS, FPI, Salimah, Pemuda Muhammadiyah, KOKAM Purbalingga dan lain-lain.

Sementara itu di atas panggung, perwakilan dari unsur aksi  Cahyo Susilo, membacakan sembilan pernyataan sikap.

Salah satunya adalah mengutuk keputusan Presiden AS, Donald Trump karena hal itu merupakan bentuk kezaliman terhadap bangsa Palestina dan umat Islam. Dan mendesak Presiden Donald Trump untuk mencabut keputusanya yang kontroversial tersebut. (*)

Jurnalis: Edi Siswanto
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukma
Sumber :
Copyright © 2017 TIMES Indonesia
Top

search Search