TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ketahanan Informasi
Ketahanan Informasi Pangan

BBPP Batu Membangun Reproduksi Sapi dengan Clean Utery Cervic

26/04/2018 - 15:32 | Views: 6.51k
Peternak Sapi (FOTO: aktual)

my_location Fokus Berita

Ketahanan Pangan

TIMESINDONESIA, JAKARTAReproduksi pada dunia peternakan diibaratkan dengan mesin pabrik ternak, penghasil susu, pedet dan limbah yang termanfaatkan. Kegagalan operasional mesin dapat dilihat dengan tidak bisa dihasilkannya satu pedet dalam satu tahun.

Masalah yang sering dijumpai pada peternak ialah kawin berulang. Kawin berulang ialah beberapa kali sapi dikawinkan tetapi tidak bisa bunting.

Kejadian kawin berulang biasanya diawali dengan kondisi servik uterus sapi yang tidak bersih. Servik uterus ialah salah satu saluran reproduksi induk yang dilalui oleh fetus saat lahir dan dilalui oleh gun inseminasi  saat perkawinan buatan pada ternak.

Penanganan pedet saat proses kelahiran yang tidak steril dan higienis serta pelaksanaan inseminasi buatan yang tidak memenuhi standar operasional  menyebabkan infeksi yang berlanjut pada kerusakan servik uterus sapi.

Infeksi pada servik uterus dapat ditandai dengan keluarnya leleran nanah atau darah dari alat kelamin betina induk sapi. Selain itu, bisa juga menggunakan alat “metriheck” untuk mengidentifikasi dan menganalisa cairan dari servik uteri sapi.

Dengan teranalisanya cairan servik, bisa ditentukan kondisi ternak, perlu perawatan lanjutan atau sudah layak untuk dikawinkan bila waktu kawinnya telah tiba.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk menjamin servik uteri sapi bersih ialah 3 hari dan 7 hari setelah melahirkan dilakukan infusi Povidone Iodine 1 persen sebanyak 50 – 100 ml per ekor sapi di daerah servik uteri.  

Servik yang bersih dan sehat salah satu upaya menunjang keberhasilan perkawinan sapi. Bersih servik uteri, perkawinan minimal 2 kali untuk terjadi kebuntingan, sehingga 1 tahun 1 pedet.(*)

Penulis: Widya Ayu Prasdini (CR-102)
Editor : AJP-3 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur
Sumber :
Top

search Search