TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah
Ketahanan Informasi Desa

"Man and The Machine", Kolaborasi Prima untuk Rampungkan Projek Jalan Makadam

09/04/2018 - 09:40 | Views: 2.00k
Alat berat milik Pemkab Purbalingga bekerja untuk pembuatan jalan makadam yang dibangun Satgas TMMD di Desa Karangjambu (FOTO: AJP. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – Kolaborasi prima akan membuat semua sasaran fisik di gelaran TMMD Reguler ke-101 Kodim 0702/Purbalingga bisa rampung sebelum penutupan TMMD tanggal 3 Mei 2018 nanti.

Kolaborasi dimaksud adalah kolaborasi antara manusia dengan mesin, "Man with the Macine". Alat berat membantu Satgas dan warga dengan alat peralatan konvensioal berupa cangkul, sekop maupun gerobag dorong. Kehadiran mesin atau alat berat akan menentukan keberhasilan fisik TMMD yang hanya menyisakan 25 hari lagi.

“Selain bantuan mesin alat berat, yang lebih penting lagi adalah faktor semangat dari warga dan Satgasnya itu sendiri. Semangat mengabdi, ikhlas membantu kesulitan sesama didesa dengan dilandasi pekerjaan ini adalah ibadah yang akan membuat semua pembangunan di Karangjambu berjalan lancar sesuai target,” ungkap Praka Andi dari Yon Zipur 4/Slawi.

Satgas TMMD juga bergantian dengan operator escavator dari DPU Kabupaten Purbalingga dalam mengoperasionalkan alat tersebut.

Tidak hanya tergantung dengan operator alat berat dari Dinas PU saja, TNI juga mempunyai sopir alat berat, Satgas TMMD dari Yonzipur tersebut, mahir mengoperasionalkan hampir sebagian besar alat berat.

Dengan bantuan beberapa nahkoda alat berat, exscavator dapat bekerja full time karena juru mudinya bergantian. Kolaborasi ini sudah melihatkan hasil. Jalan makadam yag dibangun mulai menampakkan wajah aslinya, dengan tidak mengesampingkan dari peran, daya maupun upaya warga Karangjambu itu sendiri.(*)

Jurnalis: Ragil Wahyu (CR-100)
Editor : AJP-6 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur
Sumber :
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search