TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Pendidikan
Porsemanas 1

Siapkan Generasi Emas 2030, UIN Malang Tuan Rumah Porsemanas 1

11/07/2018 - 12:28 | Views: 15.85k
Porsemanas 1 (Pekan Olahraga dan Seni Ma’arif Nasional) Ke-1. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pengurus LP Ma’arif NU (Lembaga Pendidikan Ma’arif  Nahdlatul Ulama) Pusat menunjuk Kampus UIN Malang (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang) menjadi tempat pelaksanaan Porsemanas 1 (Pekan Olahraga dan Seni Ma’arif Nasional) Ke-1. Acara dihelat pada 23-27 Juli 2018 ini bertemakan Menyiapkan Generasi Emas 2030.

’’Rencananya pembukaan Porsemanas 1 ini dihadiri Presiden RI Joko Widodo dan Menpora RI. Juga Ketua Umum PBNU Prof KH Said Aqil Siroj, akademisi NU, dan para ulama,’’ ujar Prof Dr Abd Haris, ketua LP Ma’arif  PWNU Jatim yang juga rektor UIN Malang ini.

WhatsAppImage2018-07-11at12.38.39.jpg

Even tingkat nasional ini, akan diikuti oleh MTs/SMP dan MA/SMK/SMA utusan dari LP Maarif seluruh Indonesia. Mereka akan mengikuti lomba di 9 cabang olahraga dan 10 cabang kesenian. TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id) menjadi media partner even nasional di lingkungan LP Ma’arif NU yang baru kali pertama digelar ini.

Ketua LP Ma’arif NU Pusat KH Z. Arifin Junaidi mengatakan, program Persemanas ini digagas tahun 2018 ini sebenarnya bukan hal baru di lingkungan LP Ma'arif  NU.

’’Di tingkat wilayah dan cabang, even ini sudah hamper setiap tahun dilaksanakan. Nah, Porsemanas 1 ini merupakan ikhtiar LP Ma’arif  untuk mengenalkan ke tingkat nasional,’’ ujar Arifin.

Ikhtiar tersebut salah duanya memfasilitasi peserta didik di lingkungan NU untuk mengembangkan bakat dan minatnya di bidang olahraga dan seni. Sehingga mereka mendapat pengalaman di level nasional melalui Persemanas ini.

Terkait tema “Menyiapkan Generasi Emas 2030”, Arifin menjelaskan, tema tersebut dibuat untuk menyongsong Satu Abad Nahdlatul Ulama  yang jatuh pada tahun 2026. Selain itu juga memanfaatkan momentum bonus demografi bangsa Indonesia yang mencapai puncaknya pada 2030.

’’Momen ini yang dipakai sebagai program dan kebijakan LP Ma’arif NU dalam mempersiapkan dua momentum itu. Yakni Seabad NU dan puncak bonus demografi nasional,’’ jelas Arifin.

Di sisi lain, Porsemanas 1 ini juga dipakai untuk menjaring generasi NU yang memiliki kemampuan lebih di bidang olahraga dan seni. “Porsemanas ini juga sebagai upaya mendesiminasikan nilai-nilaikebangsaan dan keagamaan yang rahmatan lil ‘alamin, serta mendorong terbentuknya geenrasi muda NU yang berkarakter,’’ tuturnya.

Terpisah, Ketua Pelaksana Porsemanas 1 UIN Malang Dr Sutaman mengatakan,  hingga saat ini persiapan sudah cukup matang. “Sesuai tema Menyiapkan Generasi Emas 2030, pada Porsemanas 1 kami telah menyiapkan semua infrastrukturnya untuk menyukseskan event LP Ma’arif NU ini,’’ ujar Sutaman. (*)

Jurnalis: Imadudin Muhammad
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang
Top

search Search