TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Pendidikan
Porsemanas 1

Jadi Tuan Rumah Porsemanas 1, UIN Malang Gandeng Empat Kampus

11/07/2018 - 12:40 | Views: 23.45k
Porsemanas 1 (Pekan Olahraga dan Seni Ma’arif Nasional) Ke-1. (GRAFIS: Dena/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pelaksanaan Porsemanas 1 (Pekan Olahraga dan Seni Ma'arif Nasional) Ke-1 di Kampus UIN Malang, Jl Gajayana 50 Kota Malang, Jatim, tinggal menunggu hari. Acara yang dihelat pada 23-27 Juli 2018 dengan Menyiapkan Generasi Emas 2030 ini pun disiapkan secara total oleh panitia pelaksana secara maksimal di UIN Malang dan LP Ma'rif NU Jatim.

Ketua Panita Pelaksana Porsemanas 1 Dr Sutaman menyampaikan, sejauh ini semua persiapan telah dimatangkan oleh panitia. ’’Kepanitiaan nasional juga telah terbentuk. Kampus UIN Malang sendiri juga telah melakukan persiapan secara matang,’’ ujarnya pada TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), media partner Porsemanas 1, ini.

Sutaman menambahkan, Porsemanas 1 ini secara umum dilaksanakan oleh LP Ma’arif  se-Malang Raya. Karena itu UIN Malang juga menggandeng dan menjalin kerjasama dengan sejumlah kampus di sekitar UIN Malang.

’’Ini untuk mendukung semua kegiatan lomba. Karena itu kami menjalin kerjasama dengan beberapa instansi di Malang Raya sebagai kegiatan perlombaan,’’ jelas Sutaman.

Beberapa instansi yang digandeng itu antara lain Gedung Gajayana, Unisma Malang, UB Malang, Polinema, dan Universitas Negeri Malang.

Untuk tempat menginap peserta Porsemanas 1, UIN Malang telah menyiapkan Ma’had UIN Malang. Mereka akan menginap selama pelaksanaan lomba. Sedang technical meeting, panitia menyediakan waktu 20-21 Juli 2018.

Even tingkat nasional ini, akan diikuti oleh MTs/SMP dan MA/SMK/SMA utusan dari LP Maarif seluruh Indonesia. Mereka akan mengikuti lomba di 9 cabang olahraga dan 10 cabang kesenian.

Masing-masing untuk cabang olahraga adalah senam pagar nusa, volley, lari 1000 m, lari 100 m, catur, bulutangkis, senam Islam Nusantara, tenis meja, dan futsal.

Sedang untuk cabang seni meliputi qasidah modern, cerdas cermat Aswaja, pidato Bahasa Arab, musabaqah syahril Quran, musabaqah tilawatil Quran, video pendek, paduan suara, kaligrafi, pidato Bahasa Inggris, dan puisi religi.

“Untuk senam Islam nusantara ini baru dilombakan. Karena memang baru diciptakan senam untuk mensosialisasikan Islam Nusantara, yakni Islam yang ramah, santun, dan toleran ini,’’ jelas Sutaman.

Porsemanas 1 di Kampus UIN Malang dengan tema Menyiapkan Generasi Emas 2030 ini diperkirakan diikuti ribuan peserta dari seluruh Indonesia di bawah LP Ma’rif NU. (*)

Jurnalis: Imadudin Muhammad
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search