TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Kesehatan

Awas! Jangan Lakukan Kebiasaan Ini saat Minum Susu

12/07/2018 - 02:33 | Views: 39.28k
Minum susu. (FOTO: globalwomenconnectedcom)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Susu merupakan salah satu bahan makanan yang banyak mengandung zat gizi yang diperlukan tubuh. Hal ini yang membuat susu menjadi banyak dipilih sebagai salah satu minuman sehat harian. Meski memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh, tahukah Anda jika kebiasaan minum susu yang salah bisa mengurangi manfaat susu? Apa saja sih kesalahan yang sering dilakukan saat mengonsumsi susu?

Yuk, simak ulasannya yang dilansir dari Dokter Sehat berikut ini.

1. Mengonsumsi susu setelah atau sebelum makan makanan yang bersifat asam

Susu merupakan bahan makanan yang bersifat basa. Jika kita mengonsumsi susu bersamaan dengan makanan yang bersifat asam, misalnya jeruk atau kiwi, maka asupan makanan yang ada pada pencernaan, utamanya lambung, akan berubah secara drastis.

Hal ini bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan, yang bisa ditunjukkan dengan munculnya rasa tidak nyaman pada perut.

2. Mengonsumsi susu bersamaan dengan teh

Meskipun enak dan diklaim lebih sehat, nyatanya konsumsi susu dengan teh justru dapat menyebabkan kandungan antioksidan yang ada pada teh jadi berkurang.

Hal ini tentu cukup merugikan dan akan membuat manfaat dari konsumsi minuman tersebut jadi tidak maksimal. Manfaat dari teh yang dihambat dengan konsumsi susu tersebut bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung.

3. Mengonsumsi susu bersamaan dengan cokelat

Mencampur susu dengan makanan atau minuman dari cokelat rasanya memang super nikmat. Namun kandungan asam oksalat yang ada pada kokoa ternyata memberikan efek buruk bagi kandungan gizi yang ada pada susu.

Ya, asam oksalat telah terbukti mampu mengurangi penyerapan kalsium. Hal ini tentu membuat susu sebagai sumber alami kalsium tidak cocok untuk dikonsumsi bersamaan dengan cokelat, apalagi cokelat dengan persentase kandungan kokoa yang cukup tinggi, misalnya cokelat hitam.

4. Mengonsumsi susu dengan obat

Susu memiliki kandungan zat dan gizi yang dapat menghambat penyerapan obat secara maksimal. Jika terus menerus dilakukan, maka bukan tidak mungkin keefektivitasan pengobatan bisa berkurang.

Jika kesulitan mengonsumsi obat, maka usahakan mencari bentukan obat yang bisa dengan mudah Anda konsumsi misalnya obat bentuk sirup atau gel.

Itulah 4 kesalahan yang sering dilakukan saat mengonsumsi susu. Selain kesalahan tersebut, Anda juga harus memperhatikan bahwa susu yang Anda konsumsi adalah susu yang berkualitas sehingga kandungan gizinya tetap terjaga. Selalu perhatikan juga kebiasaan minum susu Anda agar susu yang Anda konsumsi tetap menjadi minuman sehat. (*)

Jurnalis:
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber : Dokter Sehat
Top

search Search