TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ekonomi
Amazing Blitar

Pupuk Spirit Amazing Blitar, Bupati Rijanto Gandeng Tiga Pemda di Sulsel

12/07/2018 - 09:09 | Views: 10.79k
Bupati Blitar, Rijanto. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Untuk menjaga ketersediaan stok jagung, Pemkab Blitar melalui Bupati Blitar Rijanto menjalin kerjasama dengan Sulawesi Selatan. Komoditas jagung menjadi bahan pokok pakan ternak ayam yang banyak dibutuhkan di Blitar. Dengan stok jagung aman, akan mendorong terwujudnya Amazing Blitar di bidang ekonomi kalangan peternak ayam. 

Pemkab Blitar akan menjajaki tiga wilayah di Sulsel itu. Yakni Kabupaten Majene, Mamuju dan Tolitoli. 

"Tanggal 20 tim dari Blitar akan ke sana. Terus tanggal 29 Juli bupati tiga daerah itu ganti berkunjung ke Blitar," papar Bupati Blitar Rijanto, pada kontributor TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id)Kamis (12/7/2018).

Kebutuhan jagung sebagai bahan pakan ayam di Blitar memang sangat tinggi. Dengan populasi ayam petelur saja sebanyak 15 juta, kebutuhan jagung per hari bisa mencapai 1800 ton. Itu masih ayam petelur, belum lagi untuk populasi ayam pedaging. 

Bupati-Blitar.jpg

Kepada media online nasional kesayangan Anda ini, Rijanto mengabarkan, ada tiga daerah di Sulsel yang digandeng. Ketiganya merupakan produsen jagung terbanyak di Indonesia. 

"Kerjasama ini nantinya seperti barter. Sana punya banyak jagung, sini punya banyak telur. Jadi jagung ditukar telur. Supaya peternak disini tidak was-was terus karena selalu kekurangan jagung untuk pakan," jelasnya. 

Kerjasama ini dinilai Bupati Rijanto, akan menguntungkan sekaligus mengamankan stok pangan kedua belah pihak. Bagi Blitar, peternak ayam petelur semakin luas pangsa pasarnya. Sekaligus, stok jagung dalam jangka panjang akan aman. Ini adalah wujud semangat Amazing Blitar bagi kalangan peternak ayam. 

"Bagi Sulsel, kebutuhan pangan berupa telur dapat disuplay dari sini. Sekaligus mereka gak perlu susah ekport jagungnya keluar negeri," ucap Bupati Blitar Rijanto yang terus getol menggelorakan semangat Amazing Blitar ini. (*)

Jurnalis: Lilis (CR-099)
Editor : AJP-6 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber :
Copyright © 2018 TIMES Indonesia
Top

search Search