TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Peristiwa - Daerah

Istri Terduga Teroris Terlihat Gelisah Sebelum Suaminya Dilumpuhkan Densus 88

16/05/2018 - 11:58 | Views: 1.35m
Penyergapan terduga teroris di rumah kost di Jalan Sikatan IV nomor 6A. (FOTO: Lely/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SIDOARJO – Geger terduga teroris di Jalan Sikatan, membuat warga sekitar kaget. Tim Densus 88 Mabes Polri menembak mati terduga teroris, Selasa (15/5/2018) petang. 

Penyergapan terduga teroris tersebut dilakukan di rumah kost yang di huni suami istri di Jalan Sikatan IV nomor 6A. Rumah kontrakan terduga teroris tersebut berada di perkampungan padat penduduk.

"Penyergapan tadi kisaran jam 17.00 Wib lebih, banyak anggota yang memakai rompi Densus 88, yang langsung menuju rumah kost tersebut," kata Endang (46), seorang tetangga yang tinggal bersebelahan, Selasa (15/5/2018).

penyergapan-sidoarjo-2.jpg

Ia menambahkan, istri terduga teroris, berinisial YT itu merupakan orang yang ramah dan tidak pernah menunjukkan hal-hal mencurigakan.

“Orangnya baik, ramah sama tetangga, saya manggilnya mbak YT, kalau yang laki-laki mas TG,” sambungnya.

TG dan YT serta ketiga anaknya diketahui baru sekitar satu tahun tinggal di kost tersebut, bersama puluhan penghuni kos lainnya.

Selain sebagai ibu rumah tangga biasa, YT dikenal tetangga memiliki kegiatan menjual kue seperti arem-arem secara online, dan TG diketahui mengaku sempat bekerja di Perak dan selanjutnya diketahui tidak bekerja.

Hal yang membuat tetangga merasa sedikit aneh saat itu, adalah ketiga anak mereka yang tidak disekolahkan.

“Selama ini kehidupan mereka terlihat wajar, anak-anaknya sering bermain di halaman bersama anak-anak yang lain. Tapi mereka tidak disekolahkan, dulu sempat sekolah lalu tidak disekolahkan lagi,” ungkapnya.

YT juga dikenal ramah dan sering menyapa tetangga saat berangkat ke pasar.

“Makanya wong ndak ada curiga apa-apa, tiba-tiba ada kejadian penggrebekan ini. Memang kalau yang laki orangnya pendiam, masuk pulang kerja udah kayak gitu, dulu waktu katanya kerja di Perak, terus kemudian katanya udah nggak kerja,” jelasnya.

Selain itu, menurut keterangan tetangga yang lain, cara YT berpakaian juga memiliki perubahan drastis. Wanita yang turut diamankan Densus 88 tersebut diketahui tetangga dulunya tidak menggunakan hijab, dan belakangan menutup aurat dari ujung kepala hingga ujung kaki.

“Iya dulunya tidak memakai hijab, sudah agak lama tiba-tiba pakai hijab ‘brukut’ (full, red),” paparnya.

Hingga sore kemarin, saat baku tembak terjadi, Endang tak menyangka keluarga TG dan YT menjadi sasaran penggrebekan. Dalam suasana gang sedikit lengang, Endang sempat diberitahu anaknya yang melihat YT tampak gelisah di halaman.

“Anak saya bilang, bu, itu kenapa mbak YT kok kelihatan gelisah, lalu tiba-tiba sekitar pukul lima dua mobil datang dan terjadilah itu. Istri dan anaknya pak TG diamankan. Saya kira ada maling atau apa, saya mendengar beberapa suara tembakan, mungkin baku tembak antara petugas dan terduga teroris itu," katanya.

"Warga sini semua disuruh menjauh dari lokasi penyergapan," aku Endang yang sempat diberitahu tetangganya bahwa TG adalah adik dari Antonterduga terorisyang tewas di Rusun Wonocolo Sepanjang.(*)

Jurnalis: Lely Yuana
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukma
Sumber : TIMES Sidoarjo
Top

search Search